Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat di IKN Dimulai Besok

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:51 WIB
loading...
Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat di IKN Dimulai Besok
Pelatihan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengantisipasi pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dibuka pada Senin 4 Juli 2022. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelatihan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengantisipasi pembangunan di Ibu Kota Nusantara ( IKN ) akan dibuka pada Senin 4 Juli 2022. Pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia (SDM), terutama pada masyarakat lokal, sejalan dengan pembangunan IKN yang akan segera dimulai.

"Pembukaan pelatihan yang dikoordinasikan tim Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) ini akan diselenggarakan di Kantor Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur," kata Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono dalam keterangannya, Minggu (3/7/2022).

Sidik menyebut, pembukaan pelatihan akan dihadiri oleh Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Dhony Rahajoe dan juga akan dihadiri Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (IKA Unmul).





Program pelatihan tahap pertama ini akan diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja Samarinda, Kementerian Tenaga Kerja dan terdiri atas lima jenis pelatihan, yakni pelatihan hidroponik, sablon atau digital printing, menjahit, pembuatan roti, dan barista.

"Peserta setiap jenis pelatihan sebanyak 16 orang yang merupakan hasil identifikasi oleh Pemerintah Kecamatan Sepaku. Mereka akan menjalani pelatihan dengan durasi berbeda sesuai jenis pelatihan, rerata 20 hari efektif," tuturnya.

Sidik berharap pelatihan bagi warga dapat memberikan pengakuan akan kompetensi yang dimiliki SDM di wilayah IKN melalui uji kompetensi serta sertifikasi. Selain itu untuk membangun jejaring bagi warga lokal agar mampu berkontribusi optimal ketika tahapan pembangunan IKN dimulai. "Saat ini terdata sebanyak 28 jenis pelatihan yang diagendakan untuk warga di wilayah IKN," ungkapnya.

Sebagai informasi, otorita Ibu Kota Nusantara adalah penyebutan untuk Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara yang merupakan pelaksana kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara serta penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.

Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara adalah Tim yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Nomor 105 Tahun 2022 tertanggal 28 April 2022 dalam rangka mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)