Selamat! Tingkatkan Kepercayaan Publik, Kemhan/TNI Raih WTP 4 Kali Berturut-turut, Prabowo: Berkualitas!

Selasa, 28 Juni 2022 - 15:50 WIB
loading...
Selamat! Tingkatkan Kepercayaan Publik, Kemhan/TNI Raih WTP 4 Kali Berturut-turut, Prabowo: Berkualitas!
Menhan Prabowo Subianto menerima hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2021 dari Anggota I BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana kepada Prabowo di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kemhan, Jakarta, Selasa (28/6/2022). Foto/Tim Media Prabowo Subianto
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keempat kalinya secara berturut-turut sejak Tahun 2018. Hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2021 tersebut diterima oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada Selasa (28/6/2022).

Prabowo mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan tim BPK RI kepada Kemhan dan TNI selama ini, sehingga hasil pemeriksaan tahun ini Kemhan dan TNI kembali dapat menerima predikat opini WTP. Sebab, capaian ini akan berdampak pada peningkatan pelaksanaan tugas Kemhan dan TNI ke depannya.

“Hasil dari capaian ini tentu akan sangat berdampak pada peningkatan pelaksanaan tugas ke depan. Hal tersebut juga dapat dikatakan adalah sesuatu yang merupakan minimum requirement. Yang merupakan landasan dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI,” ujar Prabowo.



Prabowo pun mengungkapkan apresiasi kepada Kasatker dan Kasubsatker yang telah bekerja keras menyajikan laporan keuangan yang berkualitas serta sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. “Ini merupakan hasil kerja keras kita bersama,” kata Prabowo.

Meskipun demikian, Prabowo mengingatkan agar Kemhan dan TNI senantiasa memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dan kepatuhan terhadap ketentuan dalam melaksanakan setiap kegiatan.

“Oleh karenanya saya berharap, BPK RI untuk terus memberi arahan, asistensi, dan bimbingan kepada Kemhan dan TNI dalam hal pengelolaan serta penyajian laporan keuangan negara. Dengan demikian, dapat dipertanggungjawabkan sesuai standar akuntansi pemerintahan yang berkualitas,” jelasnya.

Adapun, Prabowo menekankan kepada para Kasatker, Kasubsatker di lingkungan Kemhan dan TNI agar menindaklanjuti rekomendasi yang ada dalam setiap laporan hasil pemeriksaan.

Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2021 pada Unit Organisasi (UO) Kemhan, UO Mabes TNI, UO TNI AL, UO TNI AD dan UO TNI AU dari BPK RI tersebut disampaikan oleh Anggota I BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana kepada Prabowo di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kemhan, Jakarta, dengan turut dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan Wakasau Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7490 seconds (0.1#10.140)