Mengenal Satuan Bravo 90, Pasukan Elite TNI AU

Senin, 27 Juni 2022 - 18:22 WIB
loading...
Mengenal Satuan Bravo 90, Pasukan Elite TNI AU
Mengenal satuan bravo 90 atau (Sat Bravo 90) dalam lingungan korps TNI Angkatan Udara (AU) tentunya akan menambah wawasan bagaimana sistem menjaga kedaulatan Negara. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mengenal satuan bravo 90 atau (Sat Bravo 90) dalam lingungan korps TNI Angkatan Udara (AU) tentunya akan menambah wawasan bagaimana sistem menjaga kedaulatan Negara. Sebab, satuan ini merupakan salah satu pasukan elit yang ada di Indonesia.

Dilasnir dari militer, sebelumnya satuan Bravo 90 bernama Detasemen Bravo 90 (Den Bravo 90) dan bisa juga disebut Special Forces of Indonesian Force (SFoIDAF). Pasukan dengan seragam baret jingga ini merupakan pasukan khusus yang dimiliki oleh TNI AU yang bermarkas di Lanud Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga : TNI AU Akhirnya Miliki Penerbang Tempur Perempuan

Pemilihan pasukan untuk masuk ke satuan ini merupakan anggota anggota pilihan dari lingkungan Korps Pasukan TNI AU. Sehingga anggota yang masuk bukanlah anggota sembarangan.

Satuan Bravo 90 ini mulai terbentuk ketika kepemimpinan Marsma TNI Maman Suparman seorang komandan Puspaskhas periode 1990 atau tepatnya pada 16 September 1990.

Pasukan dengan motto "Catya Wihikan Awacyama Kapala" yang memiliki arti "Setia, Terampil, Berhasil" ini awalnya hanya memiliki 1 perwira, 3 bintara 34 prajurit, 30 tamtama.

Pasukan ini beroperasi secara individu dan memiliki banyak latihan yang harus dijalani. Beberapa diantaranya seperti latihan infiltrasi laut. Tujuanya untuk penyerbuan pangkalan udara lepas pantai di pusat latihan Denjaka, latihan Underwater Demolition (UDT) yang dilakukan di sarana latihan Kopaska, sampai latihan penjinakan bom yang di lakukan di Pusdikzi Gegana Polri.

Mengenal satuan Bravo 90 in, tentunya harus tau tentang detasemen yang dimiliki pasukan ini. Terdapat 3 Detasemen yaitu :

- Den 901 merupakan pasukan yang memiliki spesialis intelijen
- Den 902 bantuan teknik khusus
- Den 903 yang merupakan satuan aksi khusus.

Baca juga : Pasukan Elite TNI AU Dikerahkan Bantu Evakuasi WNI dari Ukraina

Pembentukan pasukan ini dicetuskan oleh Jenderal Guilio Douchet karena menurutnya akan lebih mudah dan lebih efektif menghancurkan kekuatan udara lawan dengan cara menghancurkan pangkalan/instalasi serta alutsistanya di darat daripada harus bertempur di udara.

Waktu pendidikan yang ditempuh untuk satuan ini adalah 6 bulan dan diselenggarakan di Pusdiklat Paskhas atau Satuan Pendidikan Khusus, Satdik 02 kemudian dilanjut Satdik 03 Khusus. Calon anggota diuji melalui beberapa tahap, mulai dari tes IQ, kesehatan, serta keahlian khusus lainnya.

Usai mengikuti pendidikan, para anggota Satuan Bravo ini memperoleh brevet bravo, Call Sign , lambang serta perlengkapan tempur yang memiliki standar Bravo lainnya.
Itulah sedikit penjelasan jika ingin mengenal satuan Bravo 90 yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia, Khususnya milik Angkatan Udara.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4811 seconds (0.1#10.140)