Survei: Elektabilitas Prabowo Unggul Jauh dari Ganjar dan Anies

Senin, 27 Juni 2022 - 13:23 WIB
loading...
Survei: Elektabilitas Prabowo Unggul Jauh dari Ganjar dan Anies
Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 unggul jauh dibanding Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 unggul jauh dibanding Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan . Hal ini terpotret dalam hasil survei yang dirilis Indonesia Pollings Stations (IPS) hari ini.

Peneliti IPS, Alfin Sugianto menyampaikan bahwa lembaganya mencoba mengukur dengan melakukan simulasi 3 nama terhadap nama-nama calon yang belakangan muncul di tiga besar yang kerap muncul di sejumlah lembaga survei.

"Jika Pilpres dilaksanakan tiga calon presiden, maka bagian terbesar sekitar 46,6% memilih Prabowo Subianto," kata Alfin dalam paparannya secara daring, Senin (27/6/2022).



Sementara, di posisi kedua diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 28,2%. Sementara, tak terpaut jauh elektabilitas Anies Baswedan sebesar 25,2%.

Alfin menyampaikan bahwa pihaknya juga melakukan simulasi dengan metode head to head. IPS ingin melihat perubahan elektabilitas jika Prabowo dipertarungkan secara head to head dengan Ganjar dan Anies Baswedan.

Jika dipertarungkan dengan Ganjar, elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) itu naik menjadi 62,1%. Sementara, Ganjar hanya mendapat elektabilitas sebesar 34,4%. "Jika Prabowo dihadapkan dengan Anies, maka 61,5% publik memilih Prabowo. Sedangkan Anies Baswedan hanya sebesar 35,8%," ujarnya.

Baca juga: Survei Capres 2024: Elektabilitas dan Akseptabilitas Prabowo Teratas

Untuk diketahui, survei IPS ini dilakukan pada 13-23 Juni 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Wawancara dilakukan dengan tatap muka langsung terhadap responden. Adapun, teknik pengambilan sampel sendiri dilakukan dengan teknik acak bertingkat (multistage random sampling). Sementara, jumlah responden yang dipilih dalam survei ini sebanyak 1.220 orang. Dengan menerapkan margin of error sebesar ±2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)