Simak! Ini Perbedaan 3 Grup Kopassus, Nomor 3 Ahli Intelijen

Jum'at, 24 Juni 2022 - 06:13 WIB
loading...
A A A
Grup 3 Kopassus/Sandi Yudha

Grup 3 Kopassus dibentuk pada 24 Juli 1967, bermarkas di Mako Cijantung, Jakarta Timur. Berbeda dengan Grup 1 dan Grup 2 yang mengemban misi operasi tempur, pada Grup 3/Sandi Yudha memiliki spesialisasi tambahan yaitu intelijen.

Calon Personel di Grup 3 ini diseleksi sangat ketat di internal mulai dari calon prajurit yang masih pendidikan hingga personel yang sudah bertugas aktif di kesatuan tetapi punya bakat intelijen yang kemudian akan dilatih lagi di Pusdik Passus, Batujajar, Bandung. Sebab sebelum pasukan berskala besar diterjunkan, prajurit Grup 3 ini akan diterjunkan untuk melakukan operasi intelijen tempur.

Selama mengikuti pendidikan Sandhi Yudha, materi pendidikannya adalah intelijen dan pengetahuan pendukung untuk intelijensia di medan operasi seperti penyamaran, navigasi, bela diri khusus, penggunaan alat-alat khusus intelijen dan lain-lain. Bahkan beberapa personel terpilih dari Grup ini dikirim lagi untuk sekolah ke Pusat Pendidikan Intelijen Militer di luar negeri seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris bahkan Israel. Di antara seluruh jenis prajurit di Kopassus yang paling spesifik pendidikannya adalah prajurit di Grup 3/Sandhi Yudha.

Karena kekhususannya tersebut, anggota Grup 3 memiliki spesifikasi tugas perang rahasia berupa "clandestine operation", di antaranya combat intel atau intelijen tempur dan counter insurgency atau kontra pemberontakan. Grup 3 Kopassus terdiri dari
• Batalyon 31/Eka Sandhi Yudha Utama
• Batalyon 32/Apta Sandhi Prayudha Utama
• Batalyon 33/Wira Sandhi Yudha Sakti

Sejumlah tokoh militer yang pernah menjabat sebagai Komandan Grup 3 Kopassus antara lain, Kolonel Inf. Edi Sudrajat, Kolonel Inf. Sintong Panjaitan, Kolonel Inf. Tarub, Kolonel Inf. Luhut Binsar Panjaitan yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves). Ada juga Kolonel Inf. Agus Surya Bakti, Kolonel Inf. Ricard T.H Tampubolon yang kini menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)