Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Meningkat, Hasto: Itu Biasa

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:46 WIB
loading...
Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Meningkat, Hasto: Itu Biasa
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi soal elektabilitas Ganjar Pranowo yang terus meningkat sebagai capres 2024 di sejumlah survei. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi soal elektabilitas Ganjar Pranowo yang terus meningkat sebagai capres 2024 di sejumlah survei. Menurut Hasto, naik turunnya elektabilitas itu hal biasa terjadi pada kader PDIP.

Hasto menilai survei elektabilitas hanyalah gambaran sederhana betapa dinamisnya politik. Untuk itu, ia menyampaikan bahwa PDIP tidak menilai kapabilitas pemimpin berdasarkan hasil survei elektabilitas semata.

"Ya naik turun (elektabilitas) itu kan biasa. Dalam rapot sekolah itu kan kadang naik kadang turun. Ya itu peristiwa dinamika politik yang biasa," ujar Hasto kepada wartawan usai acara Rakernas II PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).





Hasto menjelaskan, PDIP telah memiliki mekanisme tersendiri dalam menilai kadar kepemimpinan sosok yang ada pada tiap kader. Mekanisme yang ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itulah yang mampu melahirkan sosok seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pertimbangan untuk menjadi pemimpin itu kan sangat banyak. Harus jernih dan itulah yang dilakukan Ibu Megawati. Kalau enggak, enggak akan ada Pak Jokowi," terang Hasto.

Dia menegaskan keputusan penunjukan capres dari PDIP adalah murni keputusan Megawati. Ia menambahkan, formulasi penentuan capres dari kader internal partainya adalah pokok utama jurus politik PDIP di dalam memenangkan pemilu.

"Kalau bagi kami ya rekrutmen (calon presiden) harus tumbuh dari bawah, dari kaderisasi dan kepemimpinan melalui Sekolah Partai ini. Dalam konteks itu, apa yang diawali Ibu Ketua Umum kan harus juga membangun organisasi. Itu jauh lebih penting daripada popularitas diri," pungkas Hasto.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2656 seconds (0.1#10.140)