Momen Haru TNI AL Evakuasi Ibu Melahirkan yang Terombang-ambing di Perairan Madura

Rabu, 22 Juni 2022 - 03:01 WIB
loading...
Momen Haru TNI AL Evakuasi Ibu Melahirkan yang Terombang-ambing di Perairan Madura
KRI Surabaya (SBY)-591 jajaran Koarmada II membantu evakuasi ibu melahirkan yang terombang-ambing di atas Kapal Siaga Desa di Pulau Sepekan menuju Pulau Sapudi, Madura. Foto: Dok Dispenal
A A A
JAKARTA - KRI Surabaya (SBY)-591 jajaran Koarmada II membantu evakuasi seorang ibu melahirkan yang terombang-ambing di atas Kapal Siaga Desa. Momen tersebut terjadi ketika KRI melaksanakan operasi pelayaran dari Pulau Sepekan menuju Pulau Sapudi, Madura, Jawa Timur, Senin (20/6/2022).

Komandan KRI SBY-591 Letkol Laut (P) Handoyo menuturkan, Kapal Siaga Desa mengalami kerusakan atau mesin induk patah. Setelahnya, kapal tersebut digandeng menuju Pelabuhan Kangean untuk evakuasi ke darat.



"KRI Surabaya-591 selanjutnya lego jangkar di Teluk Ketapang Kangean, dilanjutkan penurunan 2 LCVP untuk proses evakuasi korban ke darat. Sedangkan kapal Siaga Desa diantar ke area lego jangkar," jelas Handoyo dalam keterangan Dispenal yang diterima, Selasa (21/6/2022).

Kapal Siaga Desa tersebut sedang dalam perjalanan mengantar warga proses persalinan. Namun, mesin kapal tersebut mati dan terombang-ambing di lautan.

Momen Haru TNI AL Evakuasi Ibu Melahirkan yang Terombang-ambing di Perairan Madura


"Setelah di lokasi dengan jarak 1.200 yard dari kapal Siaga Desa, selanjutnya KRI Surabaya-591 menurunkan 2 unit LCVP untuk menuju kapal Siaga Desa guna melaksanakan evakuasi,” jelas Letkol Handoyo.

KRI Surabaya-591 kemudian berhasil mengevakuasi total 8 orang. Seluruhnya, dipastikan Handoyo dalam kondisi aman dan sempat menjalani perawatan di ruang kesehatan KRI Surabaya-591 untuk kemudian dibawa menuju puskesmas terdekat.

Mereka adalah 2 orang pasien (1 ibu pascaoperasi caesar beserta 1 bayi), 2 orang keluarga pasien, dan 4 orang tenaga medis (3 dokter dan 1 bidan).
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)