Elektabilitas Partai Perindo Kian Moncer, Pengamat: Konsisten Perjuangkan Aspirasi Rakyat Akan Semakin Dicinta

Selasa, 21 Juni 2022 - 19:12 WIB
loading...
Elektabilitas Partai Perindo Kian Moncer, Pengamat: Konsisten Perjuangkan Aspirasi Rakyat Akan Semakin Dicinta
Pengamat politik Hendri Satrio menilai elektabilitas Partai Perindo dipastikan semakin meningkat jika konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik sekaligus Pendiri Lembaga Survei KedaiKopi Hendri Satrio menilai elektabilitas Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) dipastikan semakin meningkat menyaingi partai senior lainnya, menyusul konsistensi partai berlambang Burung Garuda yang mengembangkan sayap itu dalam memperjuangkan aspirasi rakyat dalam program kerjanya.

Elektabilitas Partai Perindo terus melejit menembus 3,3% berdasarkan hasil Survei Litbang Kompas. Dalam survei tersebut, Partai Perindo berhasil menyalip PPP yang meraih elektabilitas 2,0% dan menempel ketat PAN dengan raihan elektabilitas 3,6%.

"Selama Partai Perindo konsisten dalam memperjuangkan aspirasi rakyat dan rakyat itu. Partai Perindo pasti bisa menyaingi partai manapun, bukan hanya PAN," kata Hendri, Selasa (21/6/2022).



Hendri mengatakan program Perindo Peduli dan Gerobak Perindo yang telah digaungkan sedari dulu dan kini semakin diketahui masyarakat luas. "Tak kenal, maka tak sayang, dengan dikenal masyarakat makin sayang, sehingga elektabilitasnya makin moncer dan makin besar kecintaan orang kepada Partai Perindo. Kalau kemudian ada Gerobak Perindo dan Perindo Peduli tentu berpengaruh (terhadap elektabilitas)," ungkap Hendri.

Selain itu, agar tembus ke parlemen dan semakin meningkatkan elektabilitas, Partai Perindo juga harus memiliki banyak tokoh berpengaruh yang dikenal luas oleh masyarakat. "Sangat mungkin (lolos parlemen). Menurut saya, satu hal yang ada di Partai Perindo adalah tokoh publik yang bisa dikenal oleh publik dan masyarakat, otomatis bisa mengangkat elektabilitas Partai Perindo," tegas Hendri.



Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq menilai elektabilitas Partai Perindo yang menembus 3,3% itu menunjukkan indikator tingkat penerimaan masyarakat terhadap gagasan dan program Partai Perindo yang terus konsisten memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

"Tentu kami sangat senang dengan hasil ini, tapi tidak membuat kami terlena. Kami harus terus berupaya lebih masif lagi dalam memperjuangkan cita cita politik Partai Perindo. Upaya ini menjadi keharusan, karena target Partai Perindo dalam Pemilu nanti harus mencapai 8%-10%," pungkas Rofiq.

Pencapaian ini, lanjutnya, penting, karena mewujudkan cita-cita politik memerlukan kekuatan yang signifikan di parlemen. Survei Litbang Kompas yang merilis elektabilitas partai politik Juni 2022 itu membagi elektabilitas partai politik menjadi tiga kategori yakni partai papan atas, partai papan menengah dan bawah serta partai nonparlemen pusat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)