Survei LSJ, Anies Baswedan Masuk 3 Besar Capres Terpopuler

Jum'at, 17 Juni 2022 - 15:31 WIB
loading...
Survei LSJ, Anies Baswedan Masuk 3 Besar Capres Terpopuler
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk tiga besar calon presiden (capres) terpopuler versi survei terbaru Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang diumumkan pada hari ini. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk tiga besar calon presiden (capres) terpopuler versi survei terbaru Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang diumumkan pada hari ini. Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei nasional tentang capres 2024.

Dari 17 tokoh yang diukur tingkat popularitasnya, nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang tertinggi. Prabowo menjadi tokoh terpopuler dengan persentase 97,6% yang disusul Sandiaga Uno dengan skor 92%.

Sementara Anies, nilai popularitasnya menyentuh angka 91,8 persen. Kemudian, ada pula nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi keempat dengan skor 90%. Sosok eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyusul di posisi kelima dengan persentase sebesar 89,4%.





"Data ini menunjukkan bahwa tokoh-tokoh yang pernah mengikuti kontesrasi pilpres dan pilkada itu cenderung mendapat popularitas yang tinggi," kata Peneliti Senior LSJ Fetra Adrianto dalam rilis survei secara daring, Jumat (17/6/2022).

Di urutan keenam, ada nama Ketua DPR Puan Maharani dengan tingkat popularitas menyentuh angka 84,4%. Lalu disusul oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di urutan ketujuh dan kedelapan.

AHY tingkat popularitasnya mencapai 82,6% dan Ganjar sebesar 81,6%. Ada pula nama Menteri BUMN Erick Thohir di urutan kesembilan dengan angka popularitas mencapai 73,1%. Menko Polhukam Mahfud MD berada di posisi 10 dengan tingkat popularitas sebesar 67,1%.

Survei nasional LSJ kali ini dilaksanakan pada 28 Mei - 6 Juni 2022 di 34 provinsi Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh calon pemilih dalam Pemilu 2024 atau berusia 16 tahun ke atas.

Jumlah sampel sebesar 1.450 responden yang diperoleh melalui teknik multi-stage random sampling. Margin of error yang ditetapkan sebesar kurang lebih 2,57% dengan level of confidence 95%. Pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan seluruh responden yang dipandu dengan kuesioner.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)