Dilantik Jadi Wamenaker, Ini Profil Afriansyah Noor

Rabu, 15 Juni 2022 - 16:48 WIB
loading...
Dilantik Jadi Wamenaker, Ini Profil Afriansyah Noor
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) dalam reshuffle kabinet pada Rabu (15/6/2022). Foto/Tangkapan layar YouTube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) dalam reshuffle kabinet pada Rabu (15/6/2022). Afriansyah Noor merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang ( PBB ).

Ia dilantik sebagai Sekjen PBB oleh Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Saat itu, Yusril melantik 35 orang pengurus Dewan Pengurus Pusat PBB untuk periode 2019-2024.

Afriansyah bergabung dengan PBB sejak 1998. Pada 2019, ia mengikuti kontestasi pemilihan anggota legislatif. Afriansyah maju dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I, yang mencakup Kota Palembang, Musi Rawas, Muratara, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Lubuk Linggau.



Pemilu 2019 itu menjadi ajang pertarungan keempat bagi Afriansyah untuk maju sebagai caleg dari PBB. Beberapa kali mencalonkan diri, Afriansyah mempunyai cara tersendiri untuk mendulang suara.

Ia memilih terjun langsung ke masyarakat untuk memperkenalkan diri sekaligus menyosialisasikan program-program partai yang mengusungnya. Saat itu ia lebih konsentrasi untuk efektif berkampanye dengan menangkap aspirasi rakyat, ketimbang mengeluarkan dana kampanye besar-besaran seperti yang ia lakukan sebelumnya.

Lelaki kelahiran Jambi pada 20 April 1972 ini melewati masa sekolah di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dari SD hingga SMP. Sementara, ketika SMA, ia bersekolah di Jambi, tepatnya di SMAN 4 Jambi.

Setelah lulus SMA, Afriansyah berkuliah di Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN). Di dunia profesional, Afriansyah sempat menempati posisi direktur di beberapa perusahaan.

Salah satunya adalah di Badan Pengelola Kompleks Kemayoran, ia menjabat Direktur Pengamanan Aset dan Penertiban DP3KK pada 2005-2008.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)