Rabu Pahing Kembali Dipilih Jokowi untuk Pelantikan Menteri, Ini Makna di Baliknya

Rabu, 15 Juni 2022 - 15:15 WIB
loading...
Rabu Pahing Kembali Dipilih Jokowi untuk Pelantikan Menteri, Ini Makna di Baliknya
Presiden Jokowi berjalan bersama ketua umum parpol koalisi pemerintah sebelum mereshuffle 2 menterinya, Rabu (15/6/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Hari ini, Rabu Pahing, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melantik menteri dan wakil menteri hasil reshuffle kabinet jilid III. Mereka yang dilantik adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Jika diperhatikan, Rabu Pahing kerap menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk melantik para pejabat negara. Sebelumnya, Rabu Pahing juga menjadi pilihan bagi Presiden Jokowi untuk melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, untuk menggantikan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Rabu Pahing sepertinya menjadi hari yang istimewa bagi Presiden Jokowi. Berdasarkan hitungan neptu dalam penanggalan Jawa, Rabu memiliki neptu tujuh, dan Pahing memiliki neptu sembilan, sehingga total neptunya 16.

Baca juga: Dilantik Jadi Mendag, Zukifli Hasan Janjikan Ketersediaan Minyak Goreng dan Harga Terjangkau

Berdasarkan Kitab Primbon Betaljemur Adammakna karya Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat, neptu 16 memiliki sifat-sifat yang senang mengayomi. Selain itu, memiliki hati yang lemah lembut, sehingga mudah untuk mengikuti aturan.

Meski memiliki hati yang lemah lembut dan mudah mengikuti aturan, tetapi sifat neptu 16 juga tidak boleh diremehkan. Dalam penjelasan di Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, disebutkan neptu 16 jangan sampai dibuat marah, karena akan sangat menyeramkan.

Kitab primbon berisi 337 bab tentang ilmu-ilmu Jawa peninggalan leluhur tersebut, juga menyebutkan watake dino atau sifatnya hari. Di mana Rabu, memiliki watak sembada yang artinya pribadi pantang menyerah, malu berkeluh kesah, selalu menepati janji, punya tekad kuat dan bulat, serta taat azas.

Baca juga: Breaking News, Presiden Jokowi Reshuffle 2 Menteri

Selain itu, dalam primbonnya, Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat menyebut, Rabu memiliki watak samubarang patut. Artinya, memiliki kemampuan yang mumpuni, dan selalu pantas berada dalam situasi apapun, serta berekspresi nonformal, sehingga bisa dekat dengan siapa saja.

Sedangkan watake dina (sifat hari) Pahing, digambarkan demen pradah yang artinya suka menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara ikhlas. Sehingga ketika digabungkan Rabu Pahing, maknanya menjadi lebih dominan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)