Rabu Pahing, Siang Ini Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet?

Rabu, 15 Juni 2022 - 07:01 WIB
loading...
Rabu Pahing, Siang Ini Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet?
Isu reshuffle kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin kian kencang seiring dipanggilnya sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan, Selasa (14/6/2022). Akan kah hari ini reshuffle kabinet akan terwujud? Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Isu reshuffle kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin kian kencang seiring dipanggilnya sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan, Selasa (14/6/2022). Santer dikabarkan, pemanggilan itu terkait agenda reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilaksanakan Rabu (15/6/2022) siang.

Informasi terbaru yang diterima, ada beberapa nama yang juga akan mengalami pergeseran posisi di kabinet. Di antaranya adalah Luhut Pandjaitan menjadi Menko Perekonomian, Erick Thohir menjadi Menko Marinves, Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri BUMN. Posisi Budi akan diisi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir.

Posisi lainnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan dijabat oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri ATR/Kepala BPN akan diisi oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto. Sementara itu, Kepala Staf Presiden Moeldoko akan mengisi posisi baru sebagai Menteri Pertanian.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak membantah kabar mengenai bakal ada reshuffle jilid 3 di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. “Karena pemerintahan ini masih dua tahun lagi sehingga dengan kebutuhan itu Presiden yang memutuskan,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Pramono menuturkan Jokowi yang sudah delapan tahun di pemerintahan sangat memahami apa saja yang menjadi kebutuhan dari kabinet. “Ya yang jelas Presiden, beliau sangat tahulah,” ucap dia.

Adapun mengenai kabar Partai Amanat Nasional (PAN) bakal masuk dalam kabinet, mantan Sekjen PDIP ini kembali menyerahkan hal tersebut kepada Presiden Jokowi. “Itu kewenangan sepenuhnya Presiden mau kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa,” papar Pramono.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)