KLHK Ungkap 5 Dekade Perjalanan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia

Senin, 13 Juni 2022 - 20:09 WIB
loading...
KLHK Ungkap 5 Dekade Perjalanan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia
Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) ditetapkan Majelis Umum PBB dari peristiwa Konferensi Stockholm, Swedia, pada tanggal 5-6 Juni 1972. Pada penetapan itu diberikan tema Only One Earth.

Baca juga: KLHK Terus Gencarkan Penerapan Ekonomi Hijau

50 tahun kemudian, pada tahun 2022, kembali diperingati dengan tema yang sama Only One Earth, dengan fokus Living Sustainably in Harmony with Nature.



Dalam momentum ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro, menjelaskan tentang perjalanan lima dekade atau 50 tahun perjalanan pembangunan lingkungan hidup di Indonesia.

"Konferensi Stockholm tahun 1972 telah meletakkan dasar pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan dan dalam hubungan pembangunan dengan alam dan manusia," kata Sigit
dalam Media Briefing di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Hingga saat ini kata Sigit, perjalanan pembangunan lingkungan hidup di Indonesia selama 50 tahun dapat terlihat refleksinya dalam hal-hal antara lain.

"Pertama catatan konvensi internasional, kedua regulasi dan kelembagaan nasional serta ketiga progres dan capaian kondisi pembangunan lingkungan pada setiap dekade di Indonesia," jelasnya.

Berikut 5 dekade perjalanan pembangunan lingkungan hidup di Indonesia:

1. Pada Dekade Pertama (1972-1982)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1662 seconds (11.252#12.26)