Kemenparekraf Sosialisasikan Sadar Wisata di Kawasan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan

Senin, 13 Juni 2022 - 00:38 WIB
loading...
Kemenparekraf Sosialisasikan Sadar Wisata di Kawasan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyosialisasikan Sadar Wisatadi kawasan Borobudur, Yogyakarta, dan Prambanan. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali melanjutkan sosialisasi Sadar Wisata. Sosialisasi kali ini menyasar kawasan Borobudur, Yogyakarta, dan Prambanan (BYP).

Sosialisasi berlangsung selama dua hari sejak Jumat-Sabtu, 10-11 Juni 2022, yang digelar secara bertahap dan serentak di 9 desa wisata.

Dimulai sejak pertengahan Maret 2022 lalu, sosialisasi Sadar Wisata akan berlangsung di 65 desa wisata di 6 Destinasi Prioritas Pariwisata selama tahun 2022-2023.

Baca juga: Kembali Dilanjutkan, Sosialisasi Sadar Wisata Disambut Positif

Sosialisasi Sadar Wisata dilakukan dengan mengangkat 3 pilar pengembangan pariwisata yang meliputi unsur Sapta Pesona, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability), dan Pelayanan Prima.

Kemenparekraf saat ini tengah berupaya mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang diantaranya meliputi empat aspek utama CHSE yakni kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, penerapan Sapta Pesona dan CHSE di destinasi wisata menjadi suatu hal yang sangat krusial dan penting untuk meyakinkan wisatawan, karena akan mengubah wajah pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saat ini wisatawan akan cenderung memilih destinasi yang mengedepankan rasa aman, nyaman, bersih, sehat dan seiring keberlanjutan lingkungan,” kata Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf Siapkan Trainer Andal Perkuat Kampanye Sadar Wisata

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Frans Teguh mengatakan, Sosialisasi Sadar Wisata, menjadi program strategis di tengah situasi pandemi yang tengah bergerak menuju endemi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1901 seconds (10.101#12.26)