Bertemu Menhan AS, Prabowo Bahas Pentingnya Negara Paman Sam sebagai Mitra Pertahanan

Sabtu, 11 Juni 2022 - 01:07 WIB
loading...
Bertemu Menhan AS, Prabowo Bahas Pentingnya Negara Paman Sam sebagai Mitra Pertahanan
Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Amerika Serikat H.E. Lloyd James Austin III di Singapura pada Jumat (10/6/2022).Foto/Istimewa/Kemhan
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat H.E. Lloyd James Austin III, pada Jumat (10/6/2022) di Singapura. Keduanya membahas isu tentang pertahanan dan keamanan dunia.

Prabowo menyampaikan apresiasi atas dukungan AS kepada ASEAN yang kuat dan mandiri yakni dengan mendorong Strategi Indo-Pasifik AS (US-Indo-Pacific Strategy). Prabowo berharap adanya wujud nyata dari minat AS dalam memperluas kerja sama bilateral di seluruh Asia Tenggara.

“Dengan fokus pada upaya memperkuat keamanan kesehatan, mengatasi tantangan maritim, meningkatkan konektivitas, dan memperdalam hubungan antar masyarakat,” ujar Prabowo dikutip dalam laman resmi Kemhan, Jumat (10/06/2022).

Diketahui, pertemuan Prabowo dengan Menhan Austin ini menjadi salah satu agenda kunjungan kerja ke Singapura untuk berbicara pada International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022. Salah satu forum terpenting bagi pejabat senior untuk berbagi perspektif baru mengenai tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Selain itu, Prabowo juga menekankan pentingnya AS sebagai teman dekat dan negara mitra pertahanan penting di Kawasan Asia Pasifik. Di mana hal ini telah ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo maupun Presiden Joseph Biden, yang menggarisbawahi pentingnya kemitraan strategis AS-Indonesia pada acara G20 di Italia November 2021 lalu.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)