2 Mantan KSAD Menjadi Wapres Era Soeharto, Ini Profilnya

Rabu, 08 Juni 2022 - 12:32 WIB
loading...
2 Mantan KSAD Menjadi Wapres Era Soeharto, Ini Profilnya
2 mantan KSAD ini menjadi wapres pada era Soeharto. Keduanya adalah Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah dan Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno. Foto/wapresri.go.id
A A A
JAKARTA - 2mantan KSAD ini menjadi wapres pada era Soeharto. Keduanya adalah Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah dan Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno.

Diketahui, Soeharto menjadi Presiden sejak 1967-1998. Enam orang wakil presiden (wapres) yang mendampingi Soeharto berturut-turut adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Adam Malik Batubara, Umar Wirahadikusumah, Sudharmono, Try Sutrisno, dan BJ Habibie .

Dari keenam sosok wapres tersebut, dua di antaranya pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD ). Umar Wirahadikusumah merupakan KSAD ke-9. Sementara, Try Sutrisno merupakan KSAD ke-15.

Baca juga: 6 Wapres Era Soeharto: Sri Sultan HB IX hingga Habibie

Berikut ini SINDOnews tampilkan profil singkat dua mantan KSAD yang menjadi wapres pada era Soeharto tersebut.

1. Umar Wirahadikusumah
Umar Wirahadikusuma ditunjuk sebagai pimpinan TNI AD bedasarkan Keputusan Presiden RI Nomor: 135/M/1969 tanggal 4 Desember 1969.

Umar Wirahadikusumah lahir di Situraja, Sumedang, 10 Oktober 1924. Umar merupakan anak dari pasangan Raden Rangga Wirahadikusumah dan Nyi R.Ratnaningrum Kartamadenda.

Sebelum menjadi KSAD, Umar Pangkostrad sejak 2 Desember 1965 sampai dengan 17 April 1967. Umar adalah Pangkostrad kedua setelah Mayor Jenderal TNI Soeharto.

Baca juga: Umar Wirahadikusumah, Mantan Pangkostrad yang Menjadi Wapres ke-4 RI

Umar juga Menjadi Komandan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Cicalengka, Jawa Barat (1945). Dikutip dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, pada masa awal Revolusi, sejumlah pemuda Sunda bergabung masuk tentara. Sebagian dari mereka berasal dari keluarga bangsawan, salah satunya Umar Wirahadikusumah. Dia masuk tentara atas kesadarannya sendiri untuk membela Tanah Air.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1844 seconds (11.97#12.26)