Suasana Haru Liputi Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia

Selasa, 07 Juni 2022 - 10:51 WIB
loading...
Suasana Haru Liputi Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia
Sejak Sabtu (4/6) lalu sebanyak 100.051 jamaah dari Indonesia akan diberangkatkan secara bertahap melalui berbagai embarkasi ke Tanah Suci. Simak berita seputar Haji di News RCTI+.
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 sudah hampir usai. Pemerintah Arab Saudi tahun ini menggelar ibadah Haji secara terbuka setelah dua tahun berturut turut dilakukan secara terbatas. Bagaimana dengan jamaah Indonesia? Sejak Sabtu (4/6) lalu sebanyak 100.051 jamaah dari Indonesia akan diberangkatkan secara bertahap melalui berbagai embarkasi ke Tanah Suci. Suasana haru meliputi keberangkatan mereka. Simak berita seputar Haji di News RCTI+.

Jamaah calon haji dari berbagai pelosok dunia, termasuk dari Indonesia, sejak pekan lalu mulai berdatangan ke Arab Saudi, untuk menjalankan kewajiban rukun Islam yang kelima. Seperti diketahui untuk musim haji tahun ini 1443 H, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memperbolehkan jamaah dari luar negeri untuk menjalankan ibadah haji, di tanah suci. Sebelumnya selama dua tahun terakhir, karena pandemi Covid-19, ibadah haji hanya dilakukan oleh warga lokal dan ekspatriat yang sudah berada di Arab Saudi minimal 6 bulan sebelumnya.

Tahun ini Pemerintah Arab Saudi membuka kuota haji untuk warga lokal dan asing sebanyak 1 juta orang. Untuk jumlah kuota haji internasional yang diberikan ke Indonesia adalah 100.051 jamaah, paling besar dibanding negara-negara asal jamaah internasional lainnya. Sebelum pandemi setiap tahunnya sekitar 4 juta hingga 5 juta orang di dunia pergi berhaji.



Rasa bahagia dan haru dari wajah 2.735 jamaah calon haji kloter pertama dari Indonesia yang tiba di Arab Saudi Sabtu 4 Juni lalu. Bisa dibayangkan, untuk bisa berangkat naik haji mereka sudah menunggu cukup lama. Ada diantaranya yang sudah menunggu selama 12 tahun. Jemaah calon haji dari Indonesia ini tercatat menjadi rombongan pertama calon haji dari luar negeri yang datang ke Arab Saudi dalam dua tahun terakhir ini. Berikutnya pada Minggu 5 Juni, ada sebanyak 3.196 jamaah calon haji Indonesia kembali diterbangkan ke Tanah Suci, dari berbagai embarkasi.

Kementerian Agama (Kemenag) RI telah membagi 241 kloter jamaah haji reguler asal Indonesia dengan 236 penerbangan ke Arab Saudi. Jamaah haji reguler kloter pertama telah diberangkatkan pada 4 Juni 2022. Total ada 92.825 jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun ini.

Meski telah membuka kuota haji bagi jamaah dari luar negeri, Pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan pembatasan. Mereka yang diizinkan menjalankan ibadah haji tahun ini hanya untuk yang berusia 65 tahun ke bawah. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Agama, terus mewanti wanti agar jamaah calon haji Indonesia tetap memperhatikan protokol Kesehatan (prokes). Selain pandemi yang masih mengancam, ibadah haji tahun ini diperkirakan berlangsung dengan suhu yang panas, bisa mencapai 40 derajat.

Sementara itu kabar duka datang dari Jemaah Calon Haji embarkasi Pondok Gede Jakarta atas nama Suhati, warga Pasar Mingu Jakarta yang meniggal dunia sesampainya di Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah. Almarhumah mengalami kelelahan dan pingsan saat antre proses imigrasi di bandara pada pukul 13.00 waktu Arab Saudi dan dinyatakan meninggal 30 menit kemudian. Suhati dimakamkan di Pemakaman Baqi di Madinah.

Dalam kurun waktu sekitar dua bulan ke depan keluarga para calon haji dan juga masyarakat di Indonesia akan terus memantau perkembangan kondisi rombongan jamaah calon haji Indonesia. Untuk mengetahui berita-berita seputar penyelenggaraan haji secara update dan lengkap pantau terus News RCTI+.

Didukung oleh 93 publisher, News RCTI+ menjadi news aggregator terlengkap yang memberitakan prosesi ibadah haji 1443 H. Kita semua mendoakan agar seluruh jamaah calon haji Indonesia selalu dalam lindungan Allah SWT bisa kembali pulang ke Indonesia dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur. "News RCTI+ terus berkomitmen untuk memberitakan berbagai fenomena menarik, berdampak luas dan menjadi perhatian publik," kata Co-Managing Director RCTI+, Valencia Tanoesoedibjo. Dia berharap News RCTI+ bisa menambah pengetahuan, hiburan sekaligus sumber inspirasi bagi masyarakat atas informasi penting yang disampaikan setiap hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)