Panglima TNI Minta Kenaikan Anggaran Rp32 T, Jenderal Andika Targetkan MEF 2024 Tercapai

Senin, 06 Juni 2022 - 20:23 WIB
loading...
Panglima TNI Minta Kenaikan Anggaran Rp32 T, Jenderal Andika Targetkan MEF 2024 Tercapai
Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meminta kenaikan anggaran untuk tahun 2023 sebesar Rp32 triliun. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meminta kenaikan anggaran untuk tahun 2023 sebesar Rp32 triliun, dari pagu indikatif yang diberikan Menteri Keuangan (Menkeu) untuk tahun 2023 sebesar Rp103 triliun.

Baca juga: Panglima TNI Ungkap Capaian MEF, Angkatan Darat Paling Tinggi

"Intinya tadi kita membahas tentang realisasi anggaran 2021 untuk TNI berarti Mabes TNI, TNI AD, TNI AU, TNI AL, dari Rp 108 triliun pagu anggaran, yang terserap memang hanya 98,8 (persen). Nah, kemudian untuk pagu indikatif 2023, kebetulan kita ada penurunan sehingga pagu indikatifnya hanya Rp103 triliun," kata Jenderal Andika kepada wartawan seusai Raker tertutup di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022).

"Di luar itu kita juga mengusulkan kebutuhan tambahan anggaran untuk 2023, untuk TNI itu kita usulannya sejumlah Rp32 triliun. Itulah kira-kira yang dibahas," sambungnya.



Menurut Andika, semua usulan tambahan dari TNI sudah disetujui oleh Komisi I DPR. Namun, Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang lebih cocok untuk menyampaikan perihal ini.

"Sudah. Semuanya. Tadi sudah disetujui (penambahan). Iya, itu (tambahan anggaran) untuk TNI, tetapi ada Kemhan yang nanti Pak Wamenhan yang bilang," jelas Andika.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menjelaskan, karena Kemhan/TNI sudah melakukan perencanaan, masih ada kekurangan. Sehingga, pihaknya mengajukan penambahan alokasi anggaran.

"Dari rencana kebutuhan sebetulnya yang bisa dialokasikan ke dalam pagu indikatif sekitar 30%. Jadi, memang masih kurang banyak. Karena itu, kami berusaha, siapa tahu masih ada ruang untuk penambahan anggaran. Ini yang pokok lah. Yang paling penting," terangnya.

Yang pasti, Andika akan berupaya semaksimal mungkin agar anggaran tersebut akan terserap 100% untuk tahun 2023. "Kami akan semaksimal mungkin, ya, kalau bisa 10%. Kan, gitu," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)