Hasto Hasilkan 4 Sertifikat HAKI dan 13 Karya Tulis Selama Jadi Mahasiswa Doktoral Unhan

Senin, 06 Juni 2022 - 16:06 WIB
loading...
Hasto Hasilkan 4 Sertifikat HAKI dan 13 Karya Tulis Selama Jadi Mahasiswa Doktoral Unhan
Selain produktif di partai politik sebagai Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto juga melanjutkan kerja positifnya ketika menjadi mahasiswa doktoral Universitas Pertahanan (Unhan). Foto/MPI
A A A
SENTUL - Selain produktif di partai politik sebagai Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto juga melanjutkan kerja positifnya ketika menjadi mahasiswa doktoral Universitas Pertahanan (Unhan). Selama menjadi mahasiswa, Hasto setidaknya menghasilkan empat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk karya-karya tulisnya.

Baru saja pada 2 Juni 2022 lalu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengeluarkan sertifikat HAKI bernomor EC00202233615 untuk karya tulisnya berjudul “Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno Dan Relevansinya Terhadap Pertahanan Negara”. Baca juga: Sidang Gelar Doktor di Unhan, Ini Kesimpulan dan Rekomendasi yang Disampaikan Hasto

Tiga sertifikat HAKI lainnya uang dimiliki Hasto adalah buku “Suluh Kebangsaan”, buku “Politik Membangun Peradaban”, dan buku “Pengantar Diskursus Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara”.

Di luar itu, Hasto menulis 13 karya yang diterbitkan di berbagai jurnal nasional maupun internasional. Penulisan dilakukan bersama para pakar seperti Purnomo Yusgiantoro, Laksdya Amarulla Octavian, dan Letjen TNI (Purn) I Wayan Midhio.

Jurnal itu semisal Journal of Humanities and Social Studies, Historical Studies Journal, Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, International Journal of Social Science Research and Review, Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), International Journal Multicultural and Multireligious Understanding, Jurnal Syntax Fusion, Jurnal Ilmu Sosial, Jurnal Central Asia and the Caucasus, Verbum Et Ecclesia Journal, dan European Business Organization Law Review.

Di luar jurnal yang sudah diterbitkan ini, sejumlah karya tulis Hasto sedang menunggu proses publikasi. Hasto mengatakan dirinya berharap karya-karyanya itu bisa menjadi sumbangan untuk pengembangan ilmu geopolitik dan pertahanan di Indonesia maupun dunia.

“Khususnya terkait geopolitik Soekarno yang kerangkanya adalah Pancasila,” ujar Hasto, Senin (6/6/2022).

Lebih lanjut, Hasto mengatakan lewat studi doktoralnya di Unhan serta publikasi karyanya, dirinya ingin mendorong semangat belajar terus-menerus, mengejar temuan-temuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi oleh anak bangsa demi kemajuan Indonesia Raya. Baca juga: Disertasi Hasto Soal Geopolitik Soekarno Ungkap Rencana Indonesia Uji Coba Bom Atom

“Indonesia membutuhkan kita yang lebih produktif dan inovatif dibanding berkonflik di antara kita sendiri. Sebaiknya jangan biarkan diri kita berada di zona mapan serta nyaman, mari terus belajar, menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru demi kemaslahatan umat dan kemajuan Indonesia tercinta,” pungkas Hasto.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1565 seconds (10.55#12.26)