Inilah 5 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Jum'at, 03 Juni 2022 - 06:00 WIB
loading...
Inilah 5 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia
Senjata Serbu atau SS merupakan senjata buatan Indonesia yang paling dikenal luas karena kerap memenangkan kompetisi menembak dunia. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Indonesia adalah salah satu negara produsen senjata yang diakui dunia. Ini dibuktikan dengan banyaknya senjata buatan Indonesia yang diminati banyak negara-negara lain.

Ketertarikan mereka terhadap senjata buatan Indonesia bukan tanpa sebab. Senjata yang produksi PT Pindad tersebut memiliki akurasi serta ketahanan yang baik di medan peperangan sesuai kebutuhan pertahanan dan keamanan.

Ditunjang kemampuan personel yang mumpuni, senjata buatan Indonesia sukses menunjukkan kehebatannya dan membuat dunia berdecak kagum lewat berbagai ajang kompetisi bergengsi.



Berdasarkan laman resminya, PT Pindad saat ini memproduksi 41 senjata dalam berbagai jenis. Ada senapan, senapan penembak runduk (sniper), senapan mesin, mortir, pelontar granat, pistol, shotguns dan submachine guns.

Beberapa dari senjata tersebut telah berhasil meraih prestasi lomba tembak antar angkatan darat se-Asia Tenggara (AARM) dan lomba tembak Angkatan Darat se-Asia Pasifik (ASAM), serta Lomba Tembak tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (BISAM).

Berikut 5 senjata buatan Indonesia produksi PT Pindad yang banyak diminati neara-negara di dunia:

1. Pistol G2 Elite 9mm

Inilah 5 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Foto/pindad.com

Pistol G2 Elite adalah pistol berkaliber 9 x 19 mm parabellum dengan magazine yang mampu untuk menampung 15 butir peluru. Pistol ini memiliki keunggulan berupa pisir belakang yang bersifat adjustable. Dengan panjang laras 5 inchi, akurasi yang dihasilkan tidak dapat diragukan.

G2 Elite 9mm memiliki jangkauan efektif 25 meter dan sudah digunakan banyak digunakan di negara-negara Timur Tengah. Pada 1 Juni 2018, PT Pindad mengumumkan kerjasama dengan Bhukhanvala Industries untuk mengimpor G2 Elite 9mm ke jajaran aparatur negara India.

2. Pistol G2 Premium

Inilah 5 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Foto/pindad.com

G2 Premium merupakan varian teratas dalam keluarga pistol G2. Sama seperti G2 Elite, G2 Presmium adalah pistol semi otomatis dengan kapasitas magazine 15 butir peluru. G2 Premium dikembangkan dari desain dan frame varian G2 lannya.
Fitur serta karakter pada G2 Premium sepenuhnya dikembangkan dari umpan balik para pengguna yang telah mengoperasikan varian G2 Combat dan Elite. Menggunakan amunisi kaliber 9 mm, G2 Premium memiliki jarak tembak efektif sampai dengan 25 meter.

3. SPR-2 Kal. 12.7mm

Inilah 5 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Foto/pindad.com

Senjata ini adaah senapan penembak runduk (sniper) berlaras panjang dengan bipod, dioperasikan dengan cara merunduk untuk ketabilan menembak terbaik. Keunggulannya yaitu dapat menembak target dengan jarak 2 kilometer dengan akurasi yang sangat baik. Senapan ini menggunakan peluru dengan kaliber 12.7 x 99 mm.

SPR-2 adalah senjata yang objek militer seperti tank atau mobil baja. Itu sebabnya menggunakan peluru berukuran besar sehingga kapasitas magazinenya hanya menampung lima butir peluru. Senjata buatan Indonesia ini telah bersanding dengan senjata sejenis buatan luar negeri.

4. SS2-V4 Kal. 5.56mm

Inilah 5 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Foto/pindad.com

Di antara senjata produksi PT Pindad, SS atau senapan serbu yang paling banyak dikenal orang. Sejak pertama kali diperkenalkan, senjata ini telah memukau hingga melahirkan banyak varian. Salah satunya adalah SS2-V4.

Inilah senjata yang sudah memenangkan kompetisi menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) dan ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) sebanyak 11 kali. Dilengkapi flash suppressor sepperti M-16A2, SS2-V4 mampu memberi presisi tembakan yang baik dengan bantuan attachment ACOG scope di atasnya.

SS2-V4 memiliki bodi yang lebih ringkas dilengkapi dengan picatiny rail dan fitur keamanan yang diperbaharui. SS2-V4 sangat disukai negara-negara Afrika seperti Zimbabwe, Mozambik, dan Nigeria. Sejumlah negara ASEAN disebbut juga memesannya.

5. Kendaraan Tempur

Inilah 5 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Anoa Commander. Foto/pindad.com

Selain senjata, PT Pindad juga punya produk kendaraan tempur yang juga dlirik dunia, yaitu Kendaraan Taktis 4x4 Komodo dan Panser 6x6 Anoa. Kendaraan-kendaraan tempur tersebut telah diproduksi lebih dari 300 unit dengan berbagai varian bahkan telah diterjunkan ikut dalam misi perdamaian dunia PBB di berbagai negara seperti Lebanon, Afrika Tengah, dan Sudan.

Kendaraan taktis 4x4 Komodo terdiri atas empat macam varian, yakni Komodo 4x4 Missile Launcher, Komodo 4x4 Battering Ram, Komodo 4x4 APC Police, dan Komodo 4x4 Recon. Sementara Panser 6x6 Anoa terdiri atas tujuh varian, yakni Anoa 6x6 Mortar, Anoa 6x6 Command, Anoa 6x6 Amphibious, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier, Anoa 6x6 Ambulance dan Anoa 6x6 Logistics.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)