Juara 1 Dunia Lomba Hafal Al-Qur'an, Rifda Farnidah: Ibu Saya Ingin Punya Anak Penghafal Qur'an

Rabu, 01 Juni 2022 - 18:49 WIB
loading...
Juara 1 Dunia Lomba Hafal Al-Quran, Rifda Farnidah: Ibu Saya Ingin Punya Anak Penghafal Quran
Juara satu lomba hafalan Al-Quran tingkat dunia, Rifda Farnidah, saat diwawancarai oleh host Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Laras Tahira, Rabu (1/6/2022). Foto/Tangkapan Layar/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dosen pengajar Ilmu Al-Qur'an di Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, Rifda Farnidah, berhasil menjadi Juara satu lomba hafalan Al-Qur'an tingkat dunia. Sejumlah kisah Rifda pun diceritakannya lewat Podcast Aksi Nyata Partai Perindo melalui kanal YouTube.



"Ibu saya selama hamil sembilan bulan, rajin sekali berpuasa, dengan niat ingin memiliki anak penghafal Al-Qur'an," ujar Rifda saat diwawancarai oleh host Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Laras Tahira, Rabu (1/6/2022).



Kemudian Rifda juga menceritakan beruntungnya masa kecilnya yang telah hidup di lingkungan pesantren. Karena domisilinya yang hidup di pesantren, dia mengaku sejak kecil melihat keluarganya juga ada yang menghafal Al-Qur'an sehingga tertarik untuk melakukan hal yang sama.

"Sejak kecil saya memang sudah tertarik menghafal Al-Qur'an karena lingkungan terdekat saya. Akan tetapi saat umur 16 tahun yakni ketika saya sudah selesai menghafal Al-Qur'an, di situ saya belum dapat dikatakan sempurna hafalannya," katanya.

Karena merasa belum lancar menguasai ilmu hafalan Qur'an, Rifda memutuskan untuk melanjutkan studi ilmu Al-Qur'an di IIQ. Baginya, dari IIQ tersebut, dia mengucap syukur karena berhasil mewujudkan impian orang tuanya sebagai penghafal Qur'an.

"Karena pendidikan di IIQ, saya merampungkan hafalan Qur'an sehingga saya berhasil menjuarai kompetisi MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) di Yordania peringkat kedua. Setelahnya saya diundang oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk melantunkan bacaan Qur'an di acara pertemuan para ulama se-Indonesia," tutur Rifda.

Beruntungnya saat Rifda membacakan Qur'an, kebetulan ada ulama Makkah, Syekh Khalid Al-Hammudi yang terharu mendengar bacaan Qur'annya. Karena rasa haru tersebut, Syekh Khalid mengundang Rifda untuk beribadah haji ke Makkah bersama dengan keluarganya.

"Disitulah Alhamdulillah cita-cita saya tercapai saat itu berkat keberkahan Al-Qur'an," ucap Rifda.

Diketahui, Rifda menyampaikan pengalamannya menghafal Al-Qur'an ditayangkan di Instagram Partai Perindo, RCTI+, Okezone, Sindonews.com, iNews.id, YouTube, Facebook, Twitter dan Website Partai Perindo. Podcast Aksi Nyata tersebut bertemakan Hebat! Dosen Ini Juara 1 Hafalan Alquran 30 Juz Tingkat Dunia yang ditayangkan secara daring.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)