Saudi Larang Warganya ke Indonesia, Menlu Mengaku Belum Dapat Penjelasan

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:34 WIB
loading...
Saudi Larang Warganya ke Indonesia, Menlu Mengaku Belum Dapat Penjelasan
Menlu Retno LP Marsudi mengatakan pihaknya sudah proaktif menanyakan kepada pihak Arab Saudi soal larangan warganya ke Indonesia karena wabah Covid-19 yang dianggap masih berbahaya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi melarang warganya untuk berpergian ke-16 negara, termasuk Indonesia karena wabah Covid-19 yang dianggap masih berbahaya. Hal ini juga menjadi hal yang dipertanyakan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR.

Retno pun menjawab terkait kebijakan tersebut, pihak Kemlu sudah proaktif menanyakan kepada pihak Arab Saudi, baik melalui Duta Besar (Dubes) RI di Arab Saudi, Dubes Arab Saudi di Indonesia maupun dirinya mengontak langsung Menlu Arab Saudi.

“Pertanyaan Ibu Nurul mengenai aturan Saudi yang melarang warga negara ke-16 negara termasuk Indonesia. Jadi, right after kita menerima informasi tersebut kita sudah langsung bergerak, baik perwakilan kita, kita melalui dubes di sini dan saya berkomunikasi langsung dengan Menteri Luar Negeri Saudi,” ujar Retno dalam Raker di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Namun, menurut Retno, sejauh ini dirinya masih belum menerima respons yang dapat menjelaskan kenapa Indonesia termasuk ke dalam 16 negara yang dilarang untuk dikunjungi oleh warga Arab Saudi.

“Sejauh ini kita belum menerima respons yang menjelaskan kenapa Indonesia masuk di dalam 1 dari 16,” katanya.

Karena, Retno menjelaskan kalau alasannya karena pandemi Covid-19, Indonesia termasuk negara yang cukup baik dalam penanganan Covid-19. Bahkan ia pun sudah mengirimkan data-data perkembangan Covid-19 Indonesia ke Arab Saudi.

“Karena kalau alasannya situasi Covid-19 semua data sudah kami sampaikan ke pihak Saudi dan saya kira Indonesia termasuk yang cukup baik dalam penanganan Covid-19 sampai saat ini,” papar Retno.

Akan tetapi, Retno menambahkan pada awal Juni 2022 akan ada kunjungan Menlu Arab Saudi ke Indonesia dan pihaknya akan kembali meminta penjelasan terkait hal itu.

“Nah Ibu Nurul, ada rencana kunjungan Menlu Arab Saudi ke Indonesia awal bulan depan dan ini kesempatan bagi kami untuk menjawab isu tersebut,” tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)