DPR: Statistik Menunjukkan Pemerintah Sukses Kendalikan Covid-19

Selasa, 24 Mei 2022 - 18:34 WIB
loading...
DPR: Statistik Menunjukkan Pemerintah Sukses Kendalikan Covid-19
Anggota IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan statistik menunjukkan bahwa pemerintah sukses mengendalikan Covid-19. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan statistik menunjukkan bahwa pemerintah sukses mengendalikan Covid-19 . Maka itu, tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) kembali meningkat.

"Saya tidak bicara retorika, tapi coba kita bedah satu per satu secara statistik," ujar Anggota IX DPR RI Rahmad Handoyo dihubungi wartawan, Selasa (24/5/2022).

Hal tersebut dikatakannya menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terhadap kinerja Presiden Jokowi yang melibatkan 1.245 responden. Dalam survei yang dilakukan pada 10-12 Mei 2022 itu, sebanyak 76,7 persen responden mengaku sangat dan cukup puas dengan kinerja Presiden Jokowi.





Menurut Rahmad Handoyo, kasus harian Covid-19 di Tanah Air saat ini sudah konsisten di bawah 250 kasus. Angka orang yang masuk rumah sakit juga sudah sangat rendah.

"Perbandingan yang terpapar harian juga di angka 0,38 persen. Jauh lebih rendah dari standar WHO yang 5 persen," tutur politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Kemudian, kasus yang masuk ICU juga rendah. Begitu juga dengan angka yang meninggal dunia bisa terus ditekan. "Angka-angka itu merupakan bukti. Itu kenyataan," tuturnya.

Dia menuturkan, pengendalian yang baik itu bisa dicapai karena kinerja semua pihak. Pemerintah pusat sebagai panglimanya, dibantu oleh pemerintah daerah, kementerian atau lembaga, hingga masyarakat. "Jadi, saya kira ini adalah kerja kita semua," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa secara ekonomi, recovery atau pemulihannya pun tergolong cepat. Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu memulihkan perekonomian tercepat selama pandemi Covid-19.

Rahmad mengingatkan agar apa yang sudah dicapai selama ini terus dipertahankan. Kata dia, jangan sampai ada lagi kenaikan kasus Covid-19 secara signifikan setelah pelonggaran protokol kesehatan.

Dia juga meminta pemerintah berkaca pada kasus di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Taiwan, atau Afrika Selatan. Pasalnya, angka Covid-19 di negara-negara itu justru kembali naik secara signifikan usai dilakukan pelonggaran protokol kesehatan.

"Kita tak boleh lengah. Meskipun pemerintah sudah memberikan pelonggaran pemakaian masker, bukan berarti kita bebas," imnbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa menjadi pekerjaan rumah bersama untuk bisa terus mengendalikan angka Covid-19 di Tanah Air. "Apa yang sudah baik ini agar bisa bertahan panjang serta bertransformasi dari pandemi menuju endemi," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)