RI-AS Teken MoU Kerja Sama Perlindungan Sumber Daya Hutan

Sabtu, 21 Mei 2022 - 00:44 WIB
loading...
RI-AS Teken MoU Kerja Sama Perlindungan Sumber Daya Hutan
MoU ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakili KLHK, dan Mission Director USAID Indonesia, Jeffrey P Cohen, bersama Menteri LHK Siti Nurbaya, di Jakarta, Jumat (20/5/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk mengatur semua sumber daya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kerja sama dengan Pemerintah Amerika Serikat (AS). Kerja sama ini diwujudkan melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

Baca juga: KLHK, dan BPPT Lakukan Rekayasa Hujan Buatan di Riau, Ada Apa?

Kerja sama dituangkan melalui Memorandum Saling Pengertian (MoU) yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakili KLHK, dan Mission Director USAID Indonesia, Jeffrey P Cohen, di Jakarta, Jumat (20/5/2022).



Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, kerja sama ini sebagai wujud untuk mendukung Folu Net Sink 2030 Indonesia, yang juga sejalan dengan Strategi Iklim USAID 2022-2030.

"Pencapaian Indonesia Folu Net Sink 2030 menuntut untuk memobilisasi, mengoordinasikan, dan mengatur semua sumber daya termasuk publik, swasta, dan komunitas internasional," kata Siti Nurbaya.



Menteri Siti mengimbau, agar kerja sama tersebut perlu dilakukan dengan tata cara sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pada awal kerja sama ini, KLHK dan USAID perlu mengembangkan pengaturan detail lebih lanjut yang berasal dari MoU.

"Saya juga mendorong untuk secara teknis didetailkan secepatnya rencana kegiatan, untuk implementasi segera yang dapat dilaksanakan di lapangan secara tepat," ucap Siti.

Sementara Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Kim Y Sung menyampaikan pentingnya kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan AS dalam penurunan emisi gas rumah kaca, terutama dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1176 seconds (10.101#12.26)