Webinar Partai Perindo, Ferry Kurnia Ungkap Pentingnya Ruang Politik bagi Anak Muda

Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:09 WIB
loading...
Webinar Partai Perindo, Ferry Kurnia Ungkap Pentingnya Ruang Politik bagi Anak Muda
Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan perlu adanya ruang yang besar untuk mewadahi anak muda. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Meningkatnya jumlah calon legislatif (caleg) muda menjadi fenomena tersendiri di Indonesia. Pada Pemilu 2019, terdapat 878 caleg berusia di bawah 30 tahun yang ikut pendaftaran caleg di tingkat nasional. Jumlah Caleg muda ini naik 100% dibandingkan Pemilu sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkap dengan adanya fakta tersebut, perlu adanya ruang yang besar untuk mewadahi anak muda.

"Jika kita lihat dari banyaknya generasi Z dan generasi milenial yang ada, saya pikir ruang-ruang ini yang harus ditempati oleh anak muda. Bilamana ada anak muda dia bisa berkiprah dengan banyak, maka ruang itu yang harus dibuka dengan lebar," ujar Ferry di webinar Partai Perindo, Jumat (20/5/2022).

Lebih lanjut, Ferry menjelaskan dengan adanya ruang yang besar untuk pemuda yang ingin berkiprah dalam dunia politik, hal itu dapat menunjukkan keterbukaan dunia politik yang sempat dianggap tabu oleh pemuda di Indonesia.

"Maka tidak perlu dibatasi terkait soal seperti ini. Hingga ini akan melihat sebuah fenomena sebuah gejala bahwa di sinilah anak-anak muda itu berkiprah. Di sinilah bahwa satu generasi ini sudah mulai masuk dalam aktivitas proses politik yang ada," terangnya.

Ferry menambahkan, dengan demikian citra politik yang sebelumnya dianggap negatif oleh kalangan muda, lambat laun akan terus mengarah ke arah positif. Terlebih anak muda akan turut membuka mata lebar dan ikut berpartisipasi dalam dunia politik.

"Dan inilah yang menjadi bagian dari tren bahwa politik itu tidak ditabukan. Politik itu tidak menjadi barang haram, politik itu tidak menakutkan, dan politik itu bukan huru hara tapi politik itu adalah sebuah kebaikan bersama," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Konvensi Rakyat berbasis digital Partai Perindo telah diluncurkan pada 25 November 2021 lalu di Jakarta. Dengan wadah ini, proses perekrutan kandidat bacaleg dari Partai Perindo akan lebih transparan dan menghindari mekanisme proses rekrutmen konvensional yang selama ini diterapkan di kancah politik Tanah Air.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)