Haris Pertama Didukung 34 DPD KNPI Provinsi, Kongres Malut Hadirkan Calon Tunggal

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:07 WIB
loading...
Haris Pertama Didukung 34 DPD KNPI Provinsi, Kongres Malut Hadirkan Calon Tunggal
Kongres ke-XVI DPP KNPI di Ternate, Maluku Utara tampaknya akan menghasilkan calon tunggal. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kongres ke-XVI Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Indonesia (DPP KNPI) di Ternate, Maluku Utara (Malut) tampaknya akan menghasilkan calon tunggal.

Seperti diketahui Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama kembali maju menjadi calon ketua umum untuk memimpin organisasi pemuda Indonesia yang kedua kalinya. Kongres DPP KNPI yang dilaksanakan 15-22 Mei 2022 ini mengusung tema "Sinergi Pemuda, Indonesia Bangkit" serta mengusung visi "KNPI Untuk Rakyat".

Saat dikonfirmasi kepada ketua penyelenggara Amin Ngabalin, Kongres DPP KNPI hanya menghasilkan satu calon Ketua Umum yakni, Haris Pertama.



"Saat ini Haris telah didukung oleh seluruh DPD KNPI Provinsi di 34 DPD dan 78 OKP yang berhimpun di DPP KNPI, sehingga tidak mungkin lagi ada calon lain karena untuk mencalonkan diri menjadi ketua umum harus mendapatkan rekomendasi dari DPD Provinsi dan OKP," ujar Amin Ngabalin di arena Kongres KNPI di Ternate (17/5/2022).

Pendapat serupa juga disampaikan Ketua Pokja Kandidat Raden Umar. Menurut dia, hanya ada satu calon yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum. "Sampai saat ini hanya ada satu calon yang mendaftar, yakni Haris Pertama yang bersedia kembali maju sebagai calon ketua umum DPP KNPI untuk periode kedua," paparnya.



Raden Umar menegaskan, hanya ada satu calon yang mendaftar sejak dibuka pencalonan sebagai calon ketua umum DPP KNPI. "Sejak dibuka hanya satu orang yang mencalonkan diri menjadi Ketua Umum DPP KNPI," ucapnya.

Umar menjelaskan berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) DPP KNPI pasal 4 ayat 2 mengatur tentang syarat-syarat calon Ketua Umum. "Kriteria calon Ketua Umum itu tidak melebihi 2 (dua) periode sebagai Ketua Umum dan pernah atau sedang menjabat sebagai unsur Pimpinan Dewan Pengurus Pusat KNPI dan atau Unsur Pimpinan OKP Tingkat Nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut Umar menjelaskan tentang tahapan yang telah dilaksanakan oleh SC Pokja Kandidat Ketua Umum setelah SK penyelenggara Kongres terbit dengan melaksanakan rapat-rapat teknis pada 9, 12, dan 13 Mei 2022.

"Rapat-rapat teknis sudah dilaksanakan oleh SC Pokja kandidat, dan saya rasa sudah clear dan final kita berikan kesempatan pada putra terbaik Indonesia. Namun sampai saat ini hanya Haris Pertama yang muncul didukung penuh oleh 34 DPD KNPI Provinsi dan mayoritas OKP, sedangkan dalam AD/ART diatur cukup mendapatkan rekomendasi dukungan tertulis dari 1 DPD KNPI Provinsi serta sekurang-kurangnya 5 OKP Tingkat Nasional yang berhimpun dalam KNPI dan berstatus sebagai peserta Kongres KNPI,” ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)