Pimpin Pemakaman Brigjen Stepanus, Jenderal Dudung: TNI AD Kehilangan Perwira Terbaik

Senin, 16 Mei 2022 - 20:49 WIB
loading...
Pimpin Pemakaman Brigjen Stepanus, Jenderal Dudung: TNI AD Kehilangan Perwira Terbaik
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara pemakaman militer almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat. Foto/Dispenad
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara pemakaman militer almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Senin (16/5/2022). Brigjen TNI Stephanus adalah seorang pati yang menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura.

Dalam sambutannya Dudung menyampaikan, TNI AD amat berduka dan kehilangan salah satu perwira terbaiknya. Jenderal Dudung menilai, Stephanus adalah pribadi yang selalu memegang teguh prinsip dan bertugas dengan baik.

"Dengan kepergian almarhum berarti kita semua kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa, yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara. Almarhum selama hidup bertugas dengan baik, sebagai seorang prajurit TNI AD sehingga begitu besar pengabdiannya kepada negara dan bangsa," ujar Dudung.



Usai memimpin upacara pemakaman militer, Jenderal Dudung menyerahkan Bendera Merah Putih kepada istri almarhum. Upacara pemakaman Brigjen TNI Stepanus juga dihadiri Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, dan beberapa pejabat utama lainnya.



Sebelum dimakamkan di TMP Cikutra, Bandung, KSAD juga bertindak sebagai Inspektur Upacara pada penyambutan jenazah almarhum di Bandara Soekarno-Hatta setibanya dari Ambon, Maluku. Almarhum juga sempat disemayamkan di Aula Ahmad Yani Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), Bandung.

Brigjen TNI Stepanus Mahury meninggal dunia pada Sabtu Sore, 14 Mei 2022 pukul 17.47 WIT, di Rumah Sakit Siloam, Ambon dikarenakan sakit. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Pria kelahiran Ambon, Maluku 17 Mei 1965 ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 dan sebelum menjabat Kasdam XVI/Pattimura pernah menjabat sebagai Asisten Potensi Wilayah (Aspotwil) Kaskogabwilhan III.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)