HUT ke-65, Kodam IX Udayana Bersama Perempuan Jenggala Gelar Vaksinasi dan Donor Darah

Minggu, 15 Mei 2022 - 12:45 WIB
loading...
HUT ke-65, Kodam IX Udayana Bersama Perempuan Jenggala Gelar Vaksinasi dan Donor Darah
Perempuan Jenggala bersama Kodam IX Udaya menggelar bakti sosial donor darah dan vaksinasi di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Bandung, Bali. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Perempuan Jenggala bersama Kodam IX Udaya menggelar bakti sosial donor darah dan vaksinasi di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Bandung, Bali. Bakti sosial ini digelar untuk meningkatkan kekebalan tubuh komunal dan untuk menambah jumlah stok darah PMI.

Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartiwa mengatakan donor selain menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kodam IX/Udayana, pelaksanaan kegiatan dilakukan di Bali karena merupakan destinasi tujuan wisata utama turis mancanegara dan domestik serta menjadi lokasi forum-forum internasional.

“Selain HUT ke-65 Kodam Udayana, Perempuan Jenggala juga baru saja memperingati HUT ke-3, kami sebagai organisasi sosial fokus di kesehatan masyarakat membantu pemulihan pandemi, dengan kegiatan ini sebagai upaya membantu percepatan vaksinasi pemerintah. Bali dipilih karena persiapan G20 dan juga karena destinasi wisata wisatawan luar,” kata Vicky, Minggu (15/5/2022).



Aksi ini juga untuk membantu menambah stok darah yang masih menipis di PMI. Kurangnya jumlah stok darah tersebut merupakan akibat isu hoaks yang beredar di masyarakat tentang bahaya donor darah setelah menerima vaksin Covid-19. "Akibatnya pasokan mengalami penurunan. Sementara banyak kebutuhan rumah sakit yang terus membutuhkan transfusi darah, seperti penderita kanker, thalassemia dan cuci darah," kata Vicky.

Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, vaksinasi dan donor darah merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodam IX/Udayana bersama Perempuan Jenggala untuk mendukung program pemerintah dan menyatu dengan masyarakat membantu menyelesaikan masalah. "Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang (RAK) secara dini untuk kepentingan pertahanan Negara," jelasnya.



Kegiatan donor darah dilakukan untuk ketersediaan darah, terutama dimasa pandemi Covid-19 dimana jumlah cadangan darah yang tersedia menurun, sedangkan kebutuhan darah bagi masyarakat yang cenderung meningkat.

"Mudah-mudahan ketulusan hati bapak-bapak dan ibu-ibu untuk menyumbangkan darahnya dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang membutuhkan darah. Seperti slogan yang sering kita baca dan dengar bahwa setetes darah sangat berarti bagi nyawa seseorang," jelasnya.

Sonny menyampaikan darah sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, untuk itu ketersediaan darah dalam tubuh harus benar-benar terjaga dengan baik. Sementara darah hanya dapat diproduksi oleh tubuh, sebab belum ada teknologi yang mampu memproduksi darah buatan.

Oleh karena itu, kebutuhan darah bagi yang membutuhkan hanya dapat dipenuhi oleh kehadiran para Pahlawan Kemanusiaan yaitu, para pendonor yang dengan suka rela menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan. "Mari kita jadikan donor darah sebagai gaya hidup yang menyehatkan karena kalau ditinjau dari segi kesehatan donor darah memiliki manfaat positif," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)