Menko Airlangga Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah

Kamis, 12 Mei 2022 - 09:05 WIB
loading...
Menko Airlangga Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua KPPIP mendukung pemulihan eknomi dan mendorong perekonomian Jawa Tengah. Foto/SINDOnews
A A A
JAWA TENGAH - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mendukung pemulihan eknomi dan mendorong perekonomian Jawa Tengah . Salah satu yang diperlukan dengan berbagai upaya strategis yang melibatkan pemerintah ppusat dan daerah.

Hal tersebut disampaikan Airlangga dalam Rapat Koordinasi bersama para Pimpinan Kementerian/Lembaga terkait dan Gubernur Jawa Tengah, (11/5/2022). Airlangga mengatakan, upaya penting yang diperlukan mendorong percepatan pembangunan ekonomi berbagai kawasan di Jawa Tengah.

Hal ini telah ditetapkan dalam Perpres Nomor 79 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan, Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung, dan Kawasan Brebes Tegal-Pemalang.

“Rakor ini ditujukan untuk membahas upaya akselarasi penyelesaian proyek-proyek di Jawa Tengah hingga tahun 2024, serta memastikan ketersediaan alokasi anggaran pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah,” jelas Menko Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar ini memberikan beberapa arahan strategis untuk mempercepat penyelesaian proyek dan menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pelaksanaan proyek.

Menko Airlangga menuturkan antara lain proyek Pipa Gas Transmisi Cirebon-Semarang telah dialokasikan pendanaan hingga tahun 2023 oleh Kementerian ESDM sebesar Rp1,2 triliun, diarahkan agar Kementerian ESDM segera menyelesaikan pembangunan di tahun 2023.

Ada juga pembangunan Jalan Tol Ruas Bawen-Yogya dan pembangunan Jalan Tol Ruas Solo-Yogya telah dialokasikan pendanaan pengadaan tanahnya melalui LMAN pada tahun 2022 senilai Rp6,5 Triliun.

Dia mengarahkan agar kebutuhan sisa dana untuk pengadaan tanah dapat diselesaikan di tahun 2023 sehingga pembangunan konstruksi dapat diselesaikan di tahun 2024 atau maksimal di tahun 2025.

Menko Airlangga menjelaskan Pembangunan SPAM Regional Keburejo membutuhkan kontribusi APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2023. Gubernur Jawa Tengah berkomitmen untuk menganggarkan APBD sejalan dengan progres pembangunan IPA dan WTP dari Kementerian PUPR.

Tidak hanya itu, kata Airlangga, pembangunan Bendung Gerak Karangnongko (Wilayah Jateng) perlu dilakukan percepatan pembebasan lahan oleh pemerintah daerah, terutama di tahun 2022 dapat dilaksanakan untuk badan bendungannya sehingga Kementerian PUPR dapat mengalokasikan konstruksi mulai tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)