Dua Aktivis Perdamaian Jepang Temui Jusuf Kalla

Rabu, 11 Mei 2022 - 16:45 WIB
loading...
Dua Aktivis Perdamaian Jepang Temui Jusuf Kalla
Dr Sunami bersama Dr Akiko Horiba dari The Sasakawa Peace Foundation Jepang menemui mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Hotel Imperial Tokyo, Jepang, Rabu 11 Mei 2022. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dr Sunami bersama Dr Akiko Horiba dari The Sasakawa Peace Foundation Jepang menemui mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Hotel Imperial Tokyo, Jepang , Rabu 11 Mei 2022. Kedua penggiat perdamaian ini, datang meminta saran dan pikiran serta pengalaman JK yang selama ini dikenal sebagai salah satu tokoh yang aktif mempromosikan perdamaian di Asia.

"Kami datang menemui Jusuf Kalla, untuk menggali pengalamannya yang sangat berharga untuk pengembangan program yang tengah dirintis oleh Sasakawa Foundation," ujar Dr Sunami. Selain bermaksud mengembangkan kerja sama dan menjalin kekuatan untuk promosi perdamaian.

Sejauh ini, Sunami dan Akiko Horiba menjelaskan kegiatan Sasakawa Foundation telah aktif dalam merintis penyelesaian konflik di beberapa negara Asia. Dalam rangka penguatan upaya perdamaian tersebut pihaknya meminta saran bahkan keterlibatan langsung JK, mengingat pengalamannya di berbagai daerah konflik seperti Poso, Ambon, Aceh, Afghanistan serta pengalaman sebagai pembicara di berbagai forum dalam dan luar negeri.

Juru Bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah yang menyertai pertemuan tersebut mengatakan JK menanggapi positif harapan pihak Sasakawa Foundation tersebut. JK pada kesempatan itu mengatakan kesediaan membantu serta bekerja sama dengan Sasakawa Foundation.

JK juga memberi beberapa tips resolusi konflik kepada Sunami dan Akiko. Menurut Kalla, perdamaian ibarat menjual mobil, hasil yang dicapai pada perundingan barulah tahap awal, harus disertai after sales service.

"Merawat perdamaian atau kesepakatan kesepakatan yang telah dicapai. Sehingga dapat bertahan atau berkelanjutan," tuturnya.

Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi yang turut mendampingi JK menerima dua penggiat perdamaian Jepang tersebut menyambut baik ajakan kerja sama Sasakawa Foundation. Dia berharap hal tersebut dapat meningkatkan kerja sama antar negara Asia serta peran Indonesia dalam perdamaian.

"Kerja sama yang mereka inginkan bisa dimulai dengan membangun dialog atau diskusi pendahuluan bersifat terbatas yang rencananya digelar bulan depan," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)