Moeldoko Ajak Swasta Kembangkan Talenta-talenta Nasional Khususnya Digital

Rabu, 11 Mei 2022 - 13:08 WIB
loading...
Moeldoko Ajak Swasta Kembangkan Talenta-talenta Nasional Khususnya Digital
Pemerintah terus berkomitmen mendukung pengembangan bakat talenta digital nasional, khususnya melalui ekosistem digital. Hal ini dikatakan oleh KSP, Moeldoko. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berkomitmen mendukung pengembangan bakat talenta digital nasional, khususnya melalui ekosistem digital. Hal ini dikatakan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko.

"Dari target program pengembangan 100 ribu talenta digital di Indonesia melalui pendidikan vokasi, saat ini sudah terbentuk sekitar 60 ribu talenta digital," kata Moeldoko, dalam kunjungannya ke Kantor Pusat Huawei di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

"Pemerintah sangat mengapresiasi kerja sama pihak swasta yang turut mendukung terbentuknya ekosistem digital di Indonesia," tambahnya.

Oleh karenanya kata Moeldoko, pemerintah juga terus mendorong inovasi lain dari pihak swasta terutama dalam membentuk talenta-talenta digital di Indonesia.

Sebagai informasi, KSP telah menandatangani Nota kesepahaman (MoU) dengan Huawei Indonesia pada Oktober 2020 terkait pengembangan 100 ribu talenta digital di Indonesia.

Karenanya, Moeldoko menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta seperti Huawei Indonesia mengingat Indonesia hingga tahun 2030 membutuhkan sekitar 9 juta SDM mumpuni yang menguasai teknologi digital terdepan seperti Cloud, Kecerdasan Artifisial, Analitik Big Data, 5G hingga IoT.

Sementara itu, Huawei bersama dengan the ASEAN Foundation telah membentuk ASEAN Academy Indonesia yang aktif menggelar berbagai pelatihan, seminar, studi banding, sertifikasi, hingga kompetisi yang dirancang memperkaya wawasan, memperdalam pemahaman, serta meningkatkan penguasaan terhadap teknologi-teknologi terdepan.

"Kami sangat mengapresiasi bimbingan dan nasihat dari Bapak Moeldoko kepada kami untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Kami terus berkomitmen untuk menciptakan link and match antara lulusan vokasi dengan industri kerja," kata Mohamad Rosidi, selaku Direktur Strategi ICT dan Bisnis Huawei.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)