Soal Kesulitan Air Bersih, Puan Dianggap Dengarkan Aspirasi Emak-emak

Selasa, 10 Mei 2022 - 23:03 WIB
loading...
Soal Kesulitan Air Bersih, Puan Dianggap Dengarkan Aspirasi Emak-emak
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani dianggap mendengarkan aspirasi emak-emak. Ini karena dirinya yang peduli pada masalah kesulitan air bersih di Wonogiri, Jawa Tengah.

Hal ini dikatakan Koordinator Forum Perempuan Indonesia Berdaya (Forpida) Anisa Mursidawati. Dia menyatakan, masalah air merupakan hal fundamental bagi kebutuhan emak-emak. Ketika hal ini tidak terpenuhi, maka mereka akan menderita.

"Sikap Puan ini sangat saya apresiasi. Ini buktikan dirinya peduli pada aspirasi emak-emak," kata Anisa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2022).

Dia menyebut, air adalah kebutuhan yang bersifat basis. Emak-emak menggunakan air untuk kebutuhan rumah tangga seperti mencuci, memasak, dan mandi. Ketika mereka tak punya akses air bersih, artinya hak hidup mereka akan terganggu.

Makanya, kata dia, sudah tepat Puan menyuarakan aspirasi ini. Air bersih adalah hak bagi semua orang, termasuk juga emak-emak. Sikap Puan yang kritis pada permasalahan ini, ujar Anisa, cerminkan dia memperjuangkan kepentingan ibu rumah tangga.



Di sisi lain, lanjut Anisa, Puan buktikan dirinya pro pada rakyat kecil. Sikap ini sejalan dengan ideologi kakeknya yakni Soekarno yang juga pro pada rakyat kecil. "Sikap Puan bagi saya cerminkan Puan yang juga membela kepentingan wong cilik," tegasnya.

Sebagai informasi, Puan merasa keheranan saat mendengar cerita adanya wilayah di Wonogiri selama puluhan tahun tak menikmati akses air bersih. Warga, kata dia, nyaris tak pernah mandi dan lebih sering cuci muka.

“Saya sampai nengok saat dibilang puluhan tahun. Ini benar, tidak? Saya tidak menyangka kalau sampai puluhan tahun sulit mendapatkan air bersih,” kata Puan saat memberikan sambutan peresmian keran air bersih di Desa Gendayakan, Selasa 26 April lalu.

Sikap Puan ini lantas didukung Crazy Rich Grobogan. Putri Megawati Soekarnoputri itu dinilai merupakan sosok yang peduli dengan kepentingan orang banyak.

"Mbak Puan mau memikirkan kebutuhan air bersih masyarakat di Wonogiri. Meskipun bukan tupoksinya sebagai Ketua DPR RI," katanya.

"Saya senang melihat, do something. Jadi nggak ngomong something-somethingan terus. Harus produktif, Mbak Puan lakukan terus, Mas Gibran tumbuh terus," pungkas Joko.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)