Terima Bintang Tanda Jasa Tertinggi dari Jepang, JK Merasa Bersyukur

Selasa, 10 Mei 2022 - 13:57 WIB
loading...
Terima Bintang Tanda Jasa Tertinggi dari Jepang, JK Merasa Bersyukur
Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (kiri) dan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi (kanan). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menerima penghargaan bintang tanda jasa tertinggi dari Pemerintah Jepan g yaitu Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito. Penghargaan ini diberikan karena JK dianggap berkontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

“Tentu saya merasa bersyukur, pagi tadi oleh Kaisar diberikan penghargaan kepada saya Grand Cordon ya,” ungkap JK secara virtual usai mendapatkan penghargaan langsung di Tokyo, Jepang, Selasa (10/5/2022).

JK mengatakan dengan penghargaan yang diberikan kepadanya ini menunjukkan hubungan baik oleh kedua negara Indonesia dengan Jepang. “(Penghargaan ini) yang menunjukkan hubungan Indonesia dengan Jepang itu sangat baik sekali dan juga sumbangan-sumbangan baik apa yang dilakukan dalam pemerintahan juga sebelum pemerintahan, saya sudah mempunyai hubungan baik dengan Jepang. Khususnya dalam pemerintahan tentu kita menjaga karena Jepang ini kita mempunyai hubungan yang lama,” jelasnya.

Apalagi, kata JK, Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan partner ekonomi maupun investor seperti Jepang. Dia pun mengatakan bahwa Jepang merupakan investor terbaik di Indonesia.

“Kemudian sebagai negara yang juga industrinya sangat maju dan kita Indonesia mempunyai ekonomi yang sedang berkembang, tentu saja membutuhkan suatu partner dagang yang baik, juga tentu juga kita ingin adanya investasi di Indonesia. Dan, Jepang merupakan salah satu investor yang terbaik di Indonesia, dewasa ini,” kata JK.

Oleh karena itu, JK mengatakan dengan penerimaan penghargaan ini maka hubungan baik antara Indonesia dan Jepang akan tetap terjaga. “Apa pun situasinya tetap menjaga hubungan baik tersebut.” Baca juga: Beban Utang Tembus Rp400 Triliun, JK: Presiden Setelah Jokowi Harus Tahan Banting

“Mungkin, salah satu alasan sehingga saya mendapatkan penghargaan hari ini dan itu merupakan bukan hanya kepada saya sendiri tapi penghargaan kepada Indonesia sebagai negara yang mempunyai hubungan baik dengan Jepang selama ini baik dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial, semuanya,” papar JK.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3115 seconds (0.1#10.140)