Hindari Horor Macet Gentong-Limbangan, Berikut Jalur Alternatif Tasik-Bandung/Jakarta

Kamis, 05 Mei 2022 - 23:13 WIB
loading...
Hindari Horor Macet Gentong-Limbangan, Berikut Jalur Alternatif Tasik-Bandung/Jakarta
Jalur tengah dari arah Rajapolah dan Ciamis-Cihaurbeuti ke arah Panjalu. Jalur ini relatif sepi, jalanan bagus. FOTO/MNC Portal Indonesia
A A A
JAKARTA - Jalur Tasik -Bandung-Jakarta bisa dikatakan jalanan horor bagi pemudik. Jalur ini menjadi neraka setiap tahunnya bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik dari Jakarta-Tasik, Bandung-Tasik atau sebaliknya dari Tasik-Ciamis menuju Bandung atau Jakarta.

Tol yang akan menghubungkan Bandung jalur selatan yang akan melintas Garut-Tasikmalaya hingga saat ini belum teralisasi. Dampaknya, pemudik harus berjibaku hingga 12-14 jam untuk menempuh jarak 70 kilometer Bandung-Tasikmalaya.

"Saya jam 03.00 subuh sudah berada di Limbangan, baru sampai Ciawi jam 11 siang, tujuan Kota Tasikmalaya, ini pun masih terjebak macet," kata Sudrajat, salah seorang pemudik dari Jakarta yang memilih melakukan perjalanan mudik di H+2 lebaran.



Tentu, Sudrajat tidak sendirian. Banyak ribuan pemudik lain yang terjebak kemacetan. Saat arus balik jalur Limbangan-Gentong ini semakin menumpuk karena pertemuan antara wisatawan yang akan menuju Pantai Pangandaran dan arus balik menuju Bandung-Jakarta. Perjalanan pun bisa ditempuh lebih dari 14 jam.

Jalur Alternatif
Lantas mana jalur Alternatif yang bisa jadi pilihan? Bagi para pemudik yang akan menuju Bandung atau Jakarta ada beberapa pilihan. Pertama, untuk menuju Bandung, pemudik bisa melalui Singaparna Kampung Naga, Garut, Leles, dan kemudian tembus Nagreg-Bandung. Jalur ini bisa dikatakan pilihan yang juga akan bertemu dengan kemacetan tapi relatif lebih aman dan bisa ditempuh dalam waktu 6 jam menuju Bandung.

Pilihan Kedua, untuk menuju Bandung-Jakarta pemudik bisa menggunakan jalur tengah. Dari arah Rajapolah dan Ciamis-Cihaurbeuti, pemudik bisa ambil kiri ke arah Panjalu. Jalur ini relatif sepi, jalanan bagus. Jalan yang akan dilalui di jalur ini; Panumbangan-Panjalu-Cikijing Majalengka.

Baca juga: Puncak Bogor Oneway Arah Jakarta, Jalan Raya Ciawi Macet 1,5 Kilometer

Nah, sesampai di Majalengka, tipsnya, pemudik bisa cek rute tercepat. Apakah bisa masuk pintu tol Ciperna, Cirebon, Pintu Tol Sumberjaya Majalengka atau Kertajati. Jaraknya sekitar 40-45 km dan bisa ditempuh 1,5 jam dalam situasi normal.

Pengalaman tim MNC Portal yang melalui jalur ini Kamis (5/5/2022) siang dari Tasikmalaya menuju Jakarta hanya ditempuh 5,5 jam. Selamat mencoba.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)