Jepang Beri Bintang Jasa untuk Jusuf Kalla dan Sultan Hamengkubuwono X

Kamis, 05 Mei 2022 - 07:00 WIB
loading...
Jepang Beri Bintang Jasa untuk Jusuf Kalla dan Sultan Hamengkubuwono X
Pemerintah Jepang memberikan penghargaaan kepada Jusuf Kalla dan Sri Sultan Hamengkubuwono X atas jasa-jasa mereka memperkuat hubungan persahabatan Indonesia-Jepang. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jepang memberikan anugerah bintang tanda jasa kepada sejumlah tokoh Indonesia, di antaranya mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hingga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Penghargaan ini diberikan atas jasa-jasa para tokoh tersebut dalam memperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Jusuf Kalla mendapatkan bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun yang memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

“Selama masa jabatan (Wapres), beliau secara konsisten membantu melakukan koordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang, sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia,” dalam keterangan tertulis dikutip dari laman resmi Kedutaan Jepang untuk Indonesia, Kamis (5/5/2022).




Selain itu, JK dianggap terus memberikan perhatiannya pada upaya rekonstruksi Jepang akibat Gempa Bumi Bagian Timur (Tohoku) 2011, di antaranya menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Penanganan Bencana sebagai perwakilan Indonesia yang diselenggarakan di Jepang.

Sementara itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X diberikan bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Sri Sultan telah memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan, pertukaran antar daerah, serta saling pengertian antara Jepang dan Indonesia.



“Sebagai Sultan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pernah menyambut dengan penuh perhatian baik kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991 maupun kunjungan Putra Mahkota Pangeran Akishino (Akishino-no-miya) dan Putri Mahkota Kiko pada tahun 2008 dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia/tahun persahabatan, sehingga berkontribusi bagi kesuksesan kedua kunjungan tersebut dan peningkatan hubungan kedua negara,” dalam keterangannya.

Selain itu, Sri Sultan juga memberikan kontribusi bagi pengembangan hubungan persahabatan kedua negara melalui pertukaran daerah antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto, Prefektur Yamanashi, dll.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)