Antisipasi Arus Balik di Penyeberangan, Menhub: Beli Tiket Jauh Hari Secara Daring

Rabu, 04 Mei 2022 - 08:24 WIB
loading...
Antisipasi Arus Balik di Penyeberangan, Menhub: Beli Tiket Jauh Hari Secara Daring
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik Lebaran 2022 yaitu Tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik Lebaran 2022 yaitu Tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak .

Adapun Menhub mengimbau kepada masyarakat untuk bisa pulang lebih awal sebelum puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi di tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 nanti. Terlebih di Sektor Penyebrangan yang kerap terjadi sejumlah penumpukan kendaraan yang sangat padat.

“Untuk mengantisipasi arus balik di sektor penyeberangan (Bakauheni-Merak), sejumlah antisipasi telah disiapkan. Kami mengimbau masyarakat untuk membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan secara daring,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi keterangan resmi, Rabu (4/5/2022).



Sehingga dengan begitu, dapat meminimalisir antrean tiket dan tidak terjadi penumpukan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik.

“Selain itu, sejumlah dermaga tambahan masih terus dioperasikan seperti yang dilakukan pada arus mudik. Dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimaanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang,” jelasnya.

Sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya seperti mobil, bus, dan sepeda motor. “Begitupun di Merak, Pelabuhan Ciwandaran dan Indah Kiat akan terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak,” papar Budi.

Dengan begitu, masyarakat diminta untuk selalu mengupdate informasi terkini dari media sosial resmi milik operator jalan tol maupun kepolisian sehingga mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan pada saat itu. Baca juga: Menhub Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal atau Setelah Puncak Arus Balik

“Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4181 seconds (0.1#10.140)