Evaluasi Kemacetan Parah, Jokowi Minta Dermaga di Merak dan Bakauheni Ditambah

Selasa, 03 Mei 2022 - 09:55 WIB
loading...
Evaluasi Kemacetan Parah, Jokowi Minta Dermaga di Merak dan Bakauheni Ditambah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran terkait untuk menambah jumlah dermaga di Pelabuhan Merak (Kota Cilegon-Banten) dan Pelabuhan Bakauheni (Kabupaten Lampung Selatan-Lampung) untuk ditambah. Foto/ANTARA FOTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran terkait untuk menambah jumlah dermaga di Pelabuhan Mera k (Kota Cilegon-Banten) dan Pelabuhan Bakauheni (Kabupaten Lampung Selatan-Lampung) untuk ditambah.

Hal tersebut disampaikan Jokowi sebagai evaluasi akibat kemacetan parah yang sempat dialami para pemudik dalam arus mudik menuju Pelabuhan Merak pada 30 April 2022 lalu.

"Alhamdulillah, perayaan Idul Fitri tahun ini berjalan dengan baik," ujar Jokowi dalam akun Twitter @jokowi, Selasa (3/5/2022).



Ia menyebutkan arus mudik juga lancar meski masih ada antrean seperti di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. "Meski kapal sudah ditambah, volume kendaraan memang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Dermaganya perlu ditambah," jelas Jokowi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan permintaan maaf setelah terjadi kemacetan panjang pada Sabtu (30/4/2022) di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Kemacetan horor di Pelabuhan Merak yang terjadi hingga H-2 Lebaran 2022, Sabtu (30/4/2022) dialami pemudik di Kota Cilegon hingga mencapai 19 kilometer.

Kemacetan itu terbagi di dalam ruas Tol Tangerang-Merak yang mencapai 9 kilometer dan pantauan di jalan arteri, kemacetan diperkirakan mencapai 10 kilometer. Baca juga: Merak-Bakauheni Macet Parah, Jokowi: Volume Kendaraannya yang Terlalu Banyak

Kepadatan terjadi oleh antrian kendaraan yang akan diberangkatkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Pihak Kementerian Perhubungan mengungkapkan pasca macet horror viral di media sosial pihaknya dalam waktu kurang dari 12 jam proses penyebrangan bisa berlangsung dengan baik.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)