32 siswa SMA ikuti 7 olimpiade dunia

Kamis, 04 Juli 2013 - 16:33 WIB
32 siswa SMA ikuti 7 olimpiade dunia
32 siswa SMA ikuti 7 olimpiade dunia
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 32 siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) akan berkompetisi di tujuh olimpiade tingkat dunia, yakni fisika, komputer, kimia, biologi, astronomi dan astrofisika, geografi, dan matematika.

Sebagaimana dikutip laman Kemendikbud, olimpiade diselenggarakan mulai Juli-Agustus 2013, di berbagai negara. Tim komputer diselenggarakan di Kota Brisbane, Australia 6-13 Juli. Tim fisika di Kota Kopenhagen, Denmark 7- 15 Juli. Tim kimia di Kota Moskow, Rusia 15-24 Juli.

Tim biologi akan berkompetisi di Kota Bern, Swiss pada 14-21 Juli. Tim matematika di kota Santa Marta, Kolombia pada 18-28 Juli. Tim geografi di Kota Kyoto, Jepang 30 Juli-7 Agustus. Tim astronomi dan astrofisika di Kota Volos, Yunani 27 Juli-5 Agustus.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad mengatakan, para siswa yang berkompetisi tidak hanya mewakili sekolah atau kementerian, tetapi mewakili negara. “Lakukan yang terbaik untuk negara,” ujarnya di hadapan para siswa dan ketua tim olimpiade sains, di Kemdikbud, Jakarta, Rabu (3/7/3023).

Tim yang dikirim terdiri atas tim fisika lima siswa, tim biologi empat siswa, tim geografi empat siswa, tim astronomi dan astrofisika lima siswa, tim kimia empat siswa, tim komputer empat siswa, dan tim matematika enam siswa. “Mudah-mudahan target minimal medali bisa dicapai,” kata Hamid.

Kepada para siswa, Hamid meminta untuk menjaga kesehatan, terutama yang berkompetisi di negara tujuan yang jauh seperti Kolombia. “Sesiap apapun kalau sakit, 50 persen sudah KO. Raih yang terbaik yang bisa kalian raih,” katanya.

Sementara kepada para ketua tim, Hamid berpesan, agar memperjuangkan siswa yang berkompetisi pada saat moderasi. Setiap tim, kata dia, punya kesempatan untuk menyanggah keputusan dewan juri, jika mereka kurang puas dengan hasil penilaian. “Kita biasanya kalah saat proses moderasi. Jangan sampai kalah diplomasi saaat moderasi. Harus ngotot!” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Hamid memberikan ucapan selamat kepada Desnya Medeka Pertamita dari SMAN 1 Wonosobo, Jawa Tengah, yang berhasil meraih medali emas pada ajang Festival Seni Internasional tingkat SMA ke 14 atau The 14th International High School Arts Festival di Tokyo, Jepang, 28 Juni-1 Juli.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4900 seconds (0.1#10.140)