Melayani dan Melindungi Pemudik agar Semua Tiba Selamat

Kamis, 28 April 2022 - 10:46 WIB
loading...
A A A
Bagi pemerintah, termasuk Korlantas Polri dan Jasa Marga, menyiapkan dan memberi layanan selama periode mudik Lebaran 2022 adalah kerja yang tidak bisa dibilang ringan. Sebab, dalam satu periode yang terbilang singkat atau dalam hitungan hari, puluhan juta orang plus puluhan jutaan kendaraan roda empat-roda dua serentak memenuhi berbagai ruas jalan di berbagai daerah.

Faktor inilah yang juga perlu dipahami masyarakat yang melalukan perjalanan mudik, baik bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi maupun bagi mereka yang menggunakan angkutan umum seperti pesawat udara, kapal laut, kereta api maupun angkutan bus umum antarprovinsi. Pada puncak arus mudik, kepadatan pastinya tak terhindarkan.

Data perkiraan dari Kementerian Perhubungan tentang jumlah warga yang mudik layak untuk diperhatikan. Survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan memperkirakan tahun ini ada 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, dan 47% di antaranya melalui jalur darat.

Total pemudik terbanyak berasal dari Jawa Timur, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 14,6 juta orang atau 17,1% dari total pemudik Lebaran tahun ini. Pemudik asal Jabodetabek diperkirakan jumlahnya mencapai 14 juta orang atau 16,4% dari total pemudik. Jumlah pemudik asal Jawa Tengah diperkirakan 12,1 juta orang dan dari Jawa Barat diperkirakan 9,2 juta orang.

Korlantas Polri pun sudah memperkirakan situasi di berbagai ruas jalan. Jumlah kendaraan roda empat yang melalui jalur darat diperkirakan mencapai 23 juta mobil. Jumlah kendaraan roda empat sebanyak itu dipastikan tidak dapat tertampung di jalan tol, terutama pada puncak arus mudik. Korlantas juga memperkirakan puncak arus mudik tanggal 28 April sampai 1 Mei 2022, sedangkan arus balik tanggal 6-8 Mei 2022.

Kerja sama beberapa institusi pemerintah lintas sektor telah menyiapkan layanan mudik tahun ini dengan matang. Para petugas dari Korlantas Polri, Dinas Perhubungan, hingga petugas di jalan tol akan mengatur dan mengarahkan agar arus perjalanan mudik tertib, lancar dan aman. Tentu saja kesadaran dan kerja sama dari pelaku perjalanan mudik akan menjadi faktor yang paling menentukan.

Saat menempuh perjalanan menuju kampung halaman, semua pemudik pastinya juga sedang menjalani ibadah puasa Ramadan. Kemauan untuk bersabar, selalu berhati-hati, serta kepatuhan pada aturan demi tertib berlalu lintas, adalah juga bagian dari ibadah puasa Ramadan itu sendiri.

Semua akan tiba di tujuan dengan selamat untuk berlebaran di kampung halaman.

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8995 seconds (0.1#10.140)