Member Cium Dugaan Manipulasi Trading yang Dilakukan Manajemen DNA Pro

Rabu, 27 April 2022 - 19:59 WIB
loading...
Member Cium Dugaan Manipulasi Trading yang Dilakukan Manajemen DNA Pro
Kuasa Hukum Member 007 Yasmin Muntaz (tengah) dalam jumpa pers di salah satu kafe di Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2022). Foto/ist
A A A
JAKARTA - Korban penipuan atau member berkedok robot trading yang dilakukan oleh PT DNA Pro Akademi atau PT Digital Net Aset mengklaim telah merugi hingga Rp10 Triliun. Kerugian yang dialami member Paguyuban 007 terjadi menyusul pihak kepolisian menahan salah satu petinggi DNA Pro Akademi Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe dan ada dugaan manipulasi trading yang dilakukan pihak manajemen DNA Pro.

"Sebelum ditangkapnya Daniel Abe, telah terjadi manipulasi trading yang dilakukan oleh PT DNA Pro Akademi / PT Digital Net Aset dengan cara merekayasa margin call (kerugian besar). Dana member yang diperkirakan sekitar Rp10 Triliun hilang dalam satu hari (dana mereka bahkan menjadi minus)," kata Kuasa Hukum Member 007 Yasmin Muntaz di salah satu kafe di Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2022).

Yasmin membeberkan awal mula kerugian saat 19 April 2022 para member tidak bisa mengakses trading mereka. Lima hari berselang, dana para member begitu saja hilang tanpa diketahui mereka.





"Tanggal 19 April 2022 telah terjadi manipulasi trading oleh perusahaan robot trading DNA Pro, sehingga member menjadi rugi dan dana mereka menjadi minus. Dengan kata lain, dana milik 200 ribuan member DNA Pro hilang (yang menurut taksiran sementara sebesar Rp10 triliun), aksi tersebut baru terungkap 6 hari kemudian, yakni pada 25 April 2022 lalu," ujar Yasmin.

Yasmin bersama para member pun meminta pertanggung jawaban pihak manajemen DNA Pro. Bukan hanya itu, Yasmin juga mempertanyakan soal kegiatan operasional manajemen DNA Pro yang sempat oleh jajaran Kemendag pada akhir Januari 2022.

"Yang patut dipertanyakan, mengapa aksi trading tersebut (yang masuk kategori sebagai kegiatan operasional) tiba-tiba bisa dilakukan perusahaan setelah dihentikan kegiatan operasionalnya (disegel) oleh jajaran Kemendag sejak akhir Januari 2022 lalu?" tanya Yasmin.

Hal ini diperparah dengan withdraw atau modal awal para member tidak bisa dicairkan. "Diharapkan aliran dana dari member ke broker melalui pihak ketiga yakni exchanger menjadi terang-benderang. Supaya dapat diketahui apakah dana dari member oleh exchanger betul-betul disetorkan kepada broker atau disetorkan ke pihak-pihak lain," imbuhnya.

Pihak member yang tergabung dalam Paguyuban 007 juga telah melapor ke pihak kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya. Dalam kesempatan yang sama, K salah satu member berharap agar dana yang diinvestasikan di robot trading DNA dapat kembali.

Sebab, K menginvestasi dana tersebut untuk menghadapi pandemi Covid-19. "Kalau saya karena pandemi Covid-19, dan usaha berhenti total dengan masuk DNA nantinya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, makan. Sebenarnya tidak ada iming-iming dari orang lain dan lihat profit bagus" kata K.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)