Indikator Politik Catat Elektabilitas Erick Thohir Mulai Melesat

Selasa, 26 April 2022 - 19:10 WIB
loading...
Indikator Politik Catat Elektabilitas Erick Thohir Mulai Melesat
Nama Erick Thohir mulai dijagokan sebagai kandidat kuat calon presiden 2024. Hal ini menyusul tren elektabilitas terus meningkat. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Erick Thohir mulai dijagokan sebagai kandidat kuat calon presiden 2024. Hal ini menyusul tren elektabilitas terus meningkat.

Dalam survei terbaru Indikator Politik, ada 19 nama kandidat capres potensial yang menunjukkan elektabilitas, salah satunya Erick Thohir telah masuk di kisaran 2%. Angka ini melesat cukup singnifikan dibandingkan hasil survei terakhir Indikator pada awal April yang menunjukkan elektabilitas Erick di angka 1,2%.

Angka elektabilitas Erick bahkan menyamai Sandiaga Uno yang juga berada di kisaran 2,4%. Tren elektabilitas yang naik hampir 100% dalam tempo sebulan ini dinilai menjadi sinyal kuat peluang Erick untuk melenggang pada Pilpres 2024.



Erick bahkan kini masuk dalam kisaran 6 besar dalam kontestasi Capres 2024. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan ada pergerakan yang signifikan terkait elektabilitas Erick dan Sandi yang kini berada di level yang sama.

"Sandiaga dan Erick Thohir sama-sama 2,4%. Mas Sandi pernah jadi cawapres tapi kini tren elektabilitasnya turun. Sebaliknya Erick semakin meningkat," kata Burhanudin dalam keterangan persnya, Selasa (26/4/2022).

Burhan menjelaskan bahwa potensi elektabilitas Erick Thohir untuk semakin melesat masih terbuka lebar. Pasalnya Erick masih punya ruang cukup besar untuk meningkatkan popularitasnya. Sebaliknya, banyak tokoh yang ruang popularitas sudah pada titik maksimal, sehingga sulit mengharapkan kenaikan elektabilitas dari sisi popularitasnya.

Baca juga: Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Penentu di Pilpres 2024

Menurut Burhan, selain variabel popularitas, variabel tingkat kesukaan juga sangat menentukan elektabilitas calon. Dalam kasus Erick, Burhan melihat potensi kenaikan popularitas dan kesukaan publik masih sangat mungkin terjadi dalam hitungan bulan.

Sebab Erick baru dikenal oleh sekitar 53 persen pemilih. Itu artinya masih ada ruang sekitar 47 persen masyarakat lain yang bisa dibidik Erick untuk meningkatkan popularitasnya.

"Sedangkan Erick meningkat elektabilitasnya dari 1,3 persen menjadi 2,4 persen juga tidak terlepas faktor pupularitasnya yang meningkat. Jika selumnya popularitas Erick 44 persen, kini berada di kisaran 54 persen. Dari persentase popularitas itu, sebanyak 75 persen di antaranya mengaku suka dengan figur Erick," ujar Burhan.

Dengan angka 2,4 persen, Erick kini bertengger di posisi enam dalam peta elektabilitas Capres 2024. Di atas Erick ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ridwan Kamil.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)