Survei Charta Politika: Ganjar Teratas, Dibuntuti Prabowo dan Anies

Senin, 25 April 2022 - 15:21 WIB
loading...
Survei Charta Politika: Ganjar Teratas, Dibuntuti Prabowo dan Anies
Lembaga survei Charta Politika kembali merilis hasil temuannya yang mana Ganjar Pranowo menduduki peringkat teratas, kemudian dibuntuti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Charta Politika kembali merilis hasil temuannya terkait dinamika elektoral pemilihan presiden (Pilpres) 2024 . Hasilnya, Ganjar Pranowo menduduki peringkat teratas dalam survei yang dilakukan pada bulan April 2022 ini.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menyampaikan bahwa temuan ini terlihat saat pihaknya melakukan survei dengan metode 10 nama tokoh yang disebut-sebut sebagai bakal calon presiden (capres).

"Mas Ganjar ada di posisi pertama dengan 29,2 persen, hampir menyentuh angka 30 persen," ujar Yunarto dalam paparan hasil surveinya yang dilakukan secara daring, Senin (25/4/2022).



Selanjutnya, kata dia, di posisi kedua diisi oleh Prabowo Subianto dengan elektabilitas sebesar 23%, Anies Baswedan dengan 20,2%. Sementara, Sandiaga Uno ada di peringkat keempat dengan elektabilitas 4,9% dan Ridwan Kamil di posisi kelima 4,8%.

Berdasarkan analisanya, dia menyebut temuan ini menarik lantaran yang menguasai 5 besar nama-nama calon, sebagian besar diisi oleh tokoh-tokoh yang bukan pengambil keputusan di partai politik.

"Dan praktis hanya Pak Prabowo yang ada di 5 besar ini yang memiliki juga variabel kekuatan untuk maju karena dia sudah pasti lebih mudah mendapat tiket partainya sendiri," jelasnya.

Untuk diketahui, wawancara ini dilakukan pada periode 10-17 April 2022 kemarin. Sampel dipilih sepenuhnya secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.

Dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, margin of error ± 2.83% pada tingkat kepercayaan 95%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)