Blusukan ke Permukiman Padat, Istri Tito Karnavian Bagikan Paket Sembako

Jum'at, 24 April 2020 - 22:52 WIB
loading...
Blusukan ke Permukiman Padat, Istri Tito Karnavian Bagikan Paket Sembako
Istri Mendagri Tito Karnavian, Tri Suswati Karnavian menyerahkan paket sembako kepada warga Jakarta. Pembagian sembako untuk meringankan beban warga yang terdampak Corona. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) berdampak besar bagi masyarakat, terutama warga yang memiliki kemampuan ekonomi lemah.

Saat ini pemerintah bekerja keras menggenjot distribusi penyaluran aneka bantuan sosial dan program jaring pengaman sosial, baik dalam bentuk tunai maupun sembako, yang menyasar keluarga miskin, buruh harian, pemulung, korban PHK, buruh tani serta kelompok marjinal lainnya, baik di perkotaan maupun di perdesaan.

Upaya pemerintah tidak mudah karena jumlah masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan bantuan bertambah sejak Covid-19 menyerang Indonesia.

Semangat kegotong-royongan dan solidaritas sosial sangat dibutuhkan, baik dari kelompok masyarakat, organisasi, swasta maupun perorangan.

Di tengah badai Covid-19, saatnya solidaritas sosial harus muncul di masyarakat untuk saling peduli, saling membantu dan saling berbagi.

Semangat ini mendorong isteri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Tri Suswati Karnavian turun langsung membagikan sembako bagi warga di Kelurahan Senen, Kramat Sentiong, Jakarta Pusat dan sekitar Kota Tua Jakarta Utara.

“Dua hari berturut-turut, yaitu Rabu (22 April 2020) dan Kamis (23 April 2020), saya dibantu oleh teman-teman penggerak PKK Kemendagri, melakukan bakti sosial dengan membagi sekitar 800 paket sembako dan nasi kotak langsung ke masyarakat” ungkap Tri Tito Karnavian seperti dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (24/4/2020).

Dengan mengenakan masker, Tri Suswati Karnavian menelusuri gang- gang sempit di permukiman padat di wilayah tersebut lalu membagi-bagi langsung bungkusan berisi paket sembako dan nasi kotak ke setiap keluarga miskin di sana. ( )

Dalam kunjungannya, Tri mengajak warga untuk turut mencegah virus Corona dari diri sendiri dengan cara paling sederhana, yaitu ajakan rajin mencuci tangan dengan sabun.

“Saya merasa lega bisa melakukan kegiatan ini dan warga menerima kami dengan tangan terbuka dan gembira. Inilah kesempatan kita untuk menjaga silaturahmi dengan rakyat yang paling bawah agar terbangun rasa solidaritas dan kegotong-royongan sebagai bangsa. Semangat itu sangat kita butuhkan bersama untuk dipupuk, khususnya di saat serangan pandemi Çovid-19 seperti saat ini” tutup Tri Tito Karnavian dengan perasaan bahagia," tuturnya.

Tri Suswati Karnavian menegaskan bersama tim PKK nya akan terus "bergerilya" turun menyambangi warga Jakarta lainnya untuk membagikan sembako.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)