Perdana se-Indonesia, Daerah Ini Gelar Pelatihan ASN Berakhlak Bersama ESQ

Minggu, 24 April 2022 - 16:04 WIB
loading...
Perdana se-Indonesia, Daerah Ini Gelar Pelatihan ASN Berakhlak Bersama ESQ
Pemerintah Kabupaten Karimun melaunching sekaligus mengadakan pelatihan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Karimun melaunching sekaligus mengadakan pelatihan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa di lingkupnya.

Baca juga: Gubernur Kalteng: Jadikan Peluncuran Core Value ASN BerAKHLAK sebagai Momentum Wujudkan Kalteng Berakhlak

Kegiatan yang bertemakan 'ASN BerAKHLAK, Karimun Bangkit, Bangga Melayani Bangsa dan Berkarya' itu digelar secara offline di Gedung Nilam Sari dan online melalui Channel Youtube Pemkab Karimun dan Zoom Meeting. Pelatihan tersebut tercatat sebagai pelatihan perdana ASN BerAKHLAK diantara Kabupaten se-Indonesia.
Perdana se-Indonesia, Daerah Ini Gelar Pelatihan ASN Berakhlak Bersama ESQ

"Terima kasih kepada Pak Suhajar Sekjen Kemendagri dan rombongan yang sebenarnya beliau ini hadir ke sini merupakan pulang kampung," ujar Bupati Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq, dalam sambutannya, Sabtu (23/4/2022)

"Beliau juga membawa oleh-oleh yang sangat besar yaitu launching dan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK serta Employer Branding Bangga Melayani Bangsa," tambahnya.

Pria yang merupakan salah satu alumni ESQ itu menambahkan, melaunching dengan melakukan pelatihan perdana untuk seluruh kabupaten dan kota Se-Indonesia ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri dan dibanggakan.

"Sebagaimana yang dikatakan Presiden Jokowi saat peluncuran tersebut, untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia terutama di Pemkab Karimun. Sehingga menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional," kata Aunur.

"Kemudian, nanti Pak Ary Ginanjar akan menyampaikan tiga hal lebih detail terkait menjelaskan bagaimana caranya menjadi ASN yang happy, healthy dan wealthy. Untuk meraih tiga hal tersebut ESQ mengajarkan dengan tiga macam kebahagiaan yaitu Happiness physical, emotional dan spiritual," sambungnya.

Selanjutnya, Sekjen Kemendagri dalam sambutan dan paparannya menyampaikan ucap syukur dapat ke Karimun untuk melaunching ASN BerAKHLAK. "Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa sebaiknya seluruh ASN menggunakan nilai-nilai dasar yang sama sebagai budaya kerja," ujarnya.

Dalam presentasinya, Suhajar juga membagikan kalimat dari Mark Turner dan David Hulme (1997) yang mengatakan bahwa negara yang mengalami pertumbuhan yang pesat dan sustainable seperti Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Thailand dan Malaysia memiliki organisasi sektor publik yang efektif.

"Artinya, mereka mentrasnformasi organisasi pemerintahnya menjadi organisasi yang berorientasi pelayanan. Kita juga harus bisa demikian," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)