Perjuangkan Penghargaan dan Kesetaraan, Kartini Perindo: R.A Kartini Berjuang bagi Kemajuan Perempuan

Kamis, 21 April 2022 - 21:38 WIB
loading...
Perjuangkan Penghargaan dan Kesetaraan, Kartini Perindo: R.A Kartini Berjuang bagi Kemajuan Perempuan
A A A
JAKARTA - Organisasi sayap perempuan Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Kartini Perindo , turut memperingati Hari Kartini pada 21 April 2022.

Di momen penting bagi kaum perempuan ini, Ketua Umum DPP Kartini Perindo Liliana Tanoesoedibjo mendorong kaum perempuan untuk terus tumbuh dan tangguh dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

"Perempuan Indonesia harus terus tumbuh menjadi perempuan yang tangguh, untuk dapat berpartisipasi membangun negeri," kata Liliana Tanoesoedibjo seperti dikutip dari akun Instagram @KartiniPerindo, Kamis (21/4/2022).



Kartini Perindo menyebutkan kontribusi perempuan zaman now bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia terus menunjukkan peningkatan. "Hari ini, kita memperingati Hari Kartini yang tujuannya adalah mengenang dan menghormati jasa pahlawan wanita Indonesia, R.A. Kartini," kata Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo Ratih Gunaevy.

R.A. Kartini merupakan sosok perempuan paling bersejarah untuk bangsa dan negara Indonesia, khususnya bagi kaum wanita. "R.A Kartini merupakan figur emansipatoris," ungkap Ratih.



Menurutnya, kegigihan R.A Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan perempuan sangat penting, karena keberadaan kaum hawa seringkali tidak dihargai. Perempuan di masa R.A. Kartini, lanjutnya, hanya boleh mengerjakan urusan dapur dan mengurus anak, para wanita pun tidak diberi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

"R.A Kartini dengan segenap hati dan jiwanya, berjuang agar para wanita Indonesia yang merasa tertindas mendapatkan derajat yang sama dengan pria. Perjuangan dari R.A Kartini ini benar-benar berpengaruh besar bagi para perempuan Indonesia," jelas Ratih.

Buktinya, perjuangan R.A Kartini dalam mengangkat derajat kaum perempuan Indonesia kini berbuah manis. Banyak kaum perempuan zaman now menduduki posisi strategis dalam berbagai bidang semisal politik, sosial, pendidikan dan hukum serta di pemerintahan maupun di bidang lainnya. "Sampai sekarang pun kita tetap meneruskan perjuangan R.A Kartini, hanya dalam bentuk yang berbeda," ungkap Ratih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3689 seconds (0.1#10.140)