Kasus Dugaan Korupsi di Krakatau Steel, Kejagung Periksa 3 Orang Saksi

Senin, 18 April 2022 - 21:50 WIB
loading...
Kasus Dugaan Korupsi di Krakatau Steel, Kejagung Periksa 3 Orang Saksi
Kejagung memeriksa terhadap tiga orang saksi dalam dugaan tidak pidana korupsi proyek pembangunan pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel (KS). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi. Ketiganya diperiksa dalam dugaan tidak pidana korupsi proyek pembangunan pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel (KS).

Baca Juga: Krakatau Steel
Baca juga: Proyek Krakatau Steel Rp6 Triliun Terendus Kejagung Beraroma Korupsi

Saksi-saksi yang diperiksa di antaranya Direktur Utama PT Sentra Karya Mandiri berinisial AP. Saksi kedua Konsultan Kajian Material Flow Pasca Blast Furnace tahun 2012 berinisial HRS.



"Saksi ketiga, RB selaku Head of Corporate Banking pada Bank CIMB Niaga Pusat, diperiksa terkait dugaan tindak pidana Korupsi pada proyek pembangunan Pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel," jelasnya.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pada proyek pembangunan pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel pada tahun 2011.

Dalam kasus ini, penyidik telah menaikan statusnya menjadi penyidikan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan dari Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Nomor: Print-14/F.2/Fd.2/03/2022 tanggal 16 Maret 2022.

Posisi kasus tersebut berawal pada 2011 sampai dengan 2019 PT Krakatau Steel membangun Pabrik Blast Furnace (BFC) bahan bakar batubara untuk memajukan industri baja nasional dengan biaya produksi yang lebih murah, karena dengan menggunakan bahan bakar Gas biaya produksi lebih mahal.

Pada tanggal 31 Maret 2011, dilakukan lelang pengadaan pembangunan Pabrik BFC yang dimenangkan oleh Konsorsium MCC CERI dan PT Krakatau Engineering. Sumber pendanaan pembangunan Pabrik BFC awalnya dibiayai Bank Eksport Credit Agency (ECA) dari China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)