Berbahaya dan Melelahkan, Menhub: Mudik Jangan Pakai Motor

Senin, 18 April 2022 - 00:25 WIB
loading...
Berbahaya dan Melelahkan, Menhub: Mudik Jangan Pakai Motor
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat agar tidak mudik Lebaran menggunakan sepeda motor. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat agar tidak mudik Lebaran menggunakan sepeda motor. Selain berbahaya, juga melelahkan bagi pemudik yang hendak kembali ke kampung halaman.

"Satu hal yang harus kita perhatikan bahwa perjalanan darat melelahkan. Oleh karenanya, saya secara pribadi kalau mudik jangan pakai motor," kata Budi, dalam press konferens di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu,(17/4/2022).

Baca juga: Tinjau Kesiapan Mudik di Terminal Kampung Rambutan, Menhub Kawal Jalur Darat

Menhub menyebut setidaknya ada 85 juta atau sekitar situ 47 persen pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Dengan demikian pihaknya terus mempersiapkan berbagai hal.

"Satu, memastikan bahwa bus itu cukup banyak. Kedua, sopirnya sehat. Ketiga, kita menyediakan bus gratis, tidak saja di darat tetapi juga di kereta api dan di laut. Ada motor gratis dan mudik gratis,"ujar dia.



Menhub membayangkan bahwa pada mudik kali mengalami kenaikan lebih dari 40% dari tahun 2019. Artinya jumlah yang banyak itu dapat diatur sedemikian rupa menggunakan rekayasa lalu lintas, pemberian mudik gratis dan truk gratis kepada pemudik motor. Serta mengimbau agar menghindari mudik di tanggal 28-29 April 2022.

"Oleh karenanya saya mengimbau kepada masyarakat tidak menggunakan motor. Upayakan mudik jangan tanggal 28 hari-hari itu adalah puncak mudik," pungkas Menhub.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2298 seconds (10.177#12.26)