BMKG: Waspada, Gangguan Siklon Tropis Masih Muncul dalam Beberapa Hari ke Depan

Sabtu, 16 April 2022 - 16:35 WIB
loading...
BMKG: Waspada, Gangguan Siklon Tropis Masih Muncul dalam Beberapa Hari ke Depan
BMKG memprediksi gangguan atmosfer berupa Siklon Tropis berpotensi masih muncul dalam beberapa hari ke depan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi gangguan atmosfer berupa Siklon Tropis berpotensi masih muncul dalam beberapa hari ke depan.

“Gangguan atmosfer berupa siklon tropis diperkirakan masih tetap muncul dalam beberapa hari ke depan,” kata BMKG lewat akun media sosial resminya, Sabtu (16/4/2022).

BMKG mengatakan saat ini gangguan atmosfer di wilayah Indonesia salah satunya adanya Siklon Tropis Malakas. Saat ini, mempunyai kecepatan ini maksimum hingga 8.500 knot atau 157 km per jam dengan tekanan 950 pascal berada di Samudera Pasifik Timur Filipina dan bergerak ke arah timur laut Jepang menjauhi wilayah Indonesia. Dinamika atmosfer tersebut dapat memengaruhi cuaca di wilayah Indonesia.



BMKG memprakirakan pada periode sepekan ke depan akan didominasi dengan kondisi cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Jawa Timur, Bali kepulauan Nusa Tenggara dan Sulawesi bagian selatan.



Sementara itu, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terdapat di Sumatera bagian utara dan selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian utara, Kepulauan Maluku, Papua Barat, dan Papua bagian utara.

Sedangkan potensi hujan lebat diperkirakan akan terdapat di wilayah Sumatera bagian tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian tengah, dan Papua bagian selatan.

Siklon Tropis Malakas saat ini berada di Samudera Pasifik Timur Tengah yang juga dapat memberikan dampak berupa gelombang tinggi hingga 4 meter terutama untuk wilayah Samudera Pasifik, di utara Halmahera, hingga utara Papua.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)