Dipasangkan dengan Puan, AHY, atau Khofifah, Prabowo Tetap Unggul

Jum'at, 15 April 2022 - 20:39 WIB
loading...
Dipasangkan dengan Puan, AHY, atau Khofifah, Prabowo Tetap Unggul
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungguli sejumlah simulasi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam rilis survei Political Weather Station (PWS), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungguli sejumlah simulasi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Bukan hanya berpasangan dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, dengan figur lain pun, Prabowo masih unggul.

"Kendati Khofifah dinilai publik sebagai cawapres ideal Prabowo dalam Pilpres 2024, simulasi yang dilakukan PWS menunjukkan bahwa dijodohkan dengan siapa pun Prabowo tetap memiliki peluang terbesar untuk memenangkan Pilpres 2024," kata peneliti senior PWS Mohammad Tidzi AM dalam rilis survei secara daring, Jumat (15/4/2022).

Ketika disimulasikan Prabowo berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), duet ini masih memimpin jauh dari pasangan yang diusung lain, Ganjar Pranowo-Puan Maharani maupun pasangan Airlangga Hartarto-Anies Baswedan.



"Sebanyak 38,5% mengaku akan memilih Prabowo-AHY, lalu 26,9% memilih Ganjar-Puan, dan 16,2% memilih Airlangga-Anies, sementara sisanya (18,4%) belum punya keputusan memilih pasangan mana (undecided voters)," paparnya.

Yang menarik, menurut Tidzi, berdasarkan temuan PWS, ketika disimulasikan berpasangan dengan Puan pun Prabowo masih tetap dapat memenangkan Pilpres. Meskipun elektabilitas individual Puan sebagai capres hingga kini masih rendah, tapi ketika dipasangkan dengan Prabowo masih juga bisa mengalahkan pasangan Ganjar-Erick, Airlangga-Ganjar, maupun Anies Baswesan-AHY.

Berdasarkan simulasi PWS, Tidzi menambahkan, jika benar Prabowo berpasangan dengan Puan, lawan terberat adalah pasangan Ganjar-Erick. "Jika skenario duel Prabowo-Puan versus Ganjar-Erick benar-benar menjadi realitas pada Pilpres 2024 mendatang, lagi-lagi Jawa Timur akan menjadi battle-ground yang menentukan pasangan mana keluar sebagai pemenang," katanya.

Baca juga: Survei Capres 2024: Prabowo-Khofifah Mampu Ungguli Ganjar-Erick

Untuk diketahui, survei nasional PWS dilakukan pada 1-11 April 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei PWS kali ini sebesar 1225 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling). Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan kuesioner.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)