Pemerintah Siapkan Pos Kesehatan di Sepanjang Jalur Mudik

Kamis, 14 April 2022 - 15:23 WIB
loading...
Pemerintah Siapkan Pos Kesehatan di Sepanjang Jalur Mudik
Menjelang mudik Lebaran 2022, Pemerintah akan menyiapkan sejumlah pos kesehatan di sepanjang jalur mudik. Hal ini dikatakan oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan menyiapkan sejumlah pos kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran 2022. Hal ini dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Baca juga: Arus Mudik Lebaran 2022, Kota Bogor Perketat Perbatasan

"Pertama untuk bidang kesehatan, saya imbau nanti Pak Menteri Kesehatan menyiapkan rumah sakit, puskesmas, serta Pos kesehatan sepanjang jalur mudik," ungkap Muhadjir saat Rapat Koordinasi persiapan Mudik Lebaran 2022 yang disiarkan di medsos resmi Polri, Kamis (14/4/2022).



Menko PMK juga meminta, agar Palang Merah Indonesia (PMI) harus memastikan, ketersediaan stok darah jika sewaktu-waktu diperlukan, serta berkoordinasi dengan Polda terkait transportasi darurat.

"Kemudian juga (layanan kesehatan) dapat diakses selama mudik Lebaran tanpa harus melalui jalur proses yang ruwet," kata Muhadjir.

Selain itu Muhadjir meminta, agar disiapkan pos kesehatan di bandara, stasiun, pelabuhan, serta rest area di sepanjang Tol.

"Perlu koordinasi dengan pihak lain terutama dengan pihak Kepolisian, TNI, dan pejabat daerah setempat baik kelurahan, bupati atau wali kota," ujarnya.

Pos kesehatan kata Muhadjir, harus ada untuk mengantisipasi pelayanan kesehatan, serta kepadatan lalu lintas kemungkinan ada pemudik yang sakit, kemudian pengemudi yang tidak fit.

"Ini saya kira harus diantisipasi saat perjalanan. Pos kesehatan di jalur Tol, jalur non Tol, kemudian kesiapan KKP, puskesmas, kemudian pemeriksaan kesehatan," tegasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)